Erabaru.net. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengumumkan bahwa pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup sejumlah destinasi wisata di Jakarta sebagai langkah pencegahan meluasnya penyebaran virus corona selama 2 pekan ke depan. Penutupan tempat-tempat tersebut setelah Pemprov DKI Jakarta juga meniadakan Car Free Day.

“Ini semuanya yang kami lakukan dalam rangka Social Distancing Major dalam rangka artian baku dalam persoalan COVID-19, lalu semua destinasi wisata dan hiburan Pemprov DKI Jakarta akan ditutup selama dua minggu ke depan, tetapi transportasi tetap berjalan,” kata Anies Baswedan dalam keterangan pers di Balai Kota, Pemrov DKI Jakarta, Jumat (13/3/2020) yang disiarkan oleh Channel Youtube Pemrov DKI Jakarta.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan penutupan terhadap sejumlah destinasi wisata dan Car Free Day  tersebut tak berariti bahwa Pemprov DKI Jakarta menghentikan sarana transportasi massal.

 “Itu artinya, Ancol tutup, Ragunan tutup, Monas tutup, museum yang dipegang oleh Pemprov DKI Jakarta tutup. HBKB atau Car Free Day ditiadakan dua minggu ke depan. Namun, transportasi tetap berjalan,” tambahnya.

Menurut Anies, tujuan penutupan tersebut  agar meminimalkan kegiatan warga di ruang-ruang terbuka yang penuh dengan warga. Tak hanya sarana transportasi yang tetap beroperasi,   pelayanan terhadap masyarakat tetap berlangsung seperti biasa termasuk di tingkat Kelurahan, Kecamatan,  Kantor Wali Kota, Balai Kota, Puskesmas dan Rumah Sakit.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan protokol untuk acara-acara di perkantoran dan perumahan serta kegiatan-kegiatan ibadah dan keagamaan. Protokol tersebut sedang dipersiapkan dan disebarkan kepada msyarakat.

Selain itu, Anies meminta  kepada dunia usaha agar menyiapkan  protokol kerja jarak jauh. Walaupun masih belum ada arahan, kata Aneis,  dunia usaha harus menyiapkannya. Selain itu, selama proses penutupan destinasi wisata milik Pemprov DKI Jakarta,  akan dilakukan disinfektan semua fasilitas untuk memastikan kebersihannya.

Pemprov DKI mengimbau agar kegiatan tak terlaluu urgen yang melibatkan  banyak orang agar ditunda. “Kami terus mengikuti arahan dari bapak Presiden, kami berharap situasi ini bisa kita tangani dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Rincian destinasi wisata yang ditutup, antara lain kawasan Monas, Ancol, Kawasan Kota Tua, Taman Margasatwa Ragunan, Anjungan DKI di TMII, Taman Ismail Marzuki, PBB Setu Babakan, Rumah Si Pitung, Pulau Onrust, Museum Sejarah Jakarta, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Tekstil, Museum Wayang, Museum Bahari, dan Museum Joang ’45. (asr)

Share

Video Popular