Erabaru.net. Orang-orang yang tinggal di komunitas Tiongkok selatan mengangkat senjata minggu lalu setelah kantor manajemen lingkungan mereka menawarkan hadiah uang tunai untuk membunuh anjing “liar”, menurut laporan berita online.

Insentif mengerikan dimasukkan dalam pemberitahuan yang dikeluarkan kepada warga Komunitas Wanjiang di Dongguan, Provinsi Guangdong, sebagai tanggapan terhadap keluhan tentang pemilik anjing yang tidak bertanggung jawab, Kankanews.com melaporkan.

Sementara dokumen itu sebagian besar menangani masalah-masalah seperti kebutuhan pemilik untuk memiliki lisensi untuk hewan peliharaan mereka dan untuk menunjukkan pertimbangan bagi penduduk lain dengan menjaga hewan mereka di depan umum dan membersihkan setelah mereka buang kotoran, itu juga termasuk peringatan.

Menurut kantor manajemen, setiap anjing yang terlihat di halaman dan tidak berada dalam pengawasan akan diklasifikasikan sebagai hewan liar. Dan siapa pun yang membunuh anjing liar berhak mendapatkan hadiah 200 yuan (sekitar Rp 427 ribu) – setelah kematiannya diverifikasi oleh seorang penjaga keamanan.

Banyak yang melihat pemberitahuan itu merasa ngeri, kata laporan itu.

“Ini aturan yang biadab. Bukan apa yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat beradab,” kata seorang wanita seperti dikutip.

“Jika anak-anak melihat ini, mereka tidak akan percaya bahwa mereka harus mencintai hewan,” kata yang lain.

Seorang warga bermarga Zhang mengatakan husky peliharaannya telah hilang selama sekitar satu minggu dan dia khawatir itu mungkin telah dibunuh. Dia mengatakan telah melaporkan masalah tersebut ke polisi.

Seorang pejabat bernama Long dari kantor manajemen mengatakan pemberitahuan itu tidak dimaksudkan sebagai kritik terhadap pemilik anjing tetapi telah dikeluarkan dalam upaya untuk membuat mereka lebih bertanggung jawab atas hewan peliharaan mereka.

Dokumen itu telah ditarik sementara dan akan ditulis ulang sebelum diterbitkan kembali, katanya.

Namun Wanjiang bukan satu-satunya komunitas perumahan di Dongguan yang menawarkan hadiah karena membunuh anjing liar, atau tanpa pengawasan. Di tempat lain, penduduk ditawari 300 yuan untuk membunuh anjing dengan berat 7,5 kg atau lebih dan 200 yuan untuk yang lebih kecil.

Pemberitahuan ini telah menarik kemarahan dari pengguna internet.

“Anda dapat menilai seberapa beradab suatu negara dengan melihat bagaimana memperlakukan hewan-hewannya,” tulis seseorang di portal berita 163.com. “Sangat kejam membunuh mereka.”

Tapi tidak semua orang setuju.

“Bagaimanapun, anjing adalah hewan, dan mereka mungkin memiliki virus,” kata seseorang. “Jika itu menggigit anakmu dan menyebabkan kematiannya, apakah kamu masih akan melindungi anjing?”(yn)

Sumber: Asiaone

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular