oleh Zhang Ting

Pandemi Wuhan memicu kekhawatiran dunia terhadap merosotnya pertumbuhan ekonomi. Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin pada hari Minggu, 15 Maret mengatakan bahwa dirinya tidak berpikir pandami Wuhan akan menyebabkan resesi ekonomi bagi AS.

Dalam menerima wawancara ‘This Week’ ketika ditanya soal apakah pandemi akan menimbulkan resesi ekonomi AS, Mnuchin mengatakan bahwa ia pribadi tidak berpikir seperti itu, Amerika Serikat mungkin menghadapi perlambatan ekonomi. Namun setelah pandemi dapat diatasi, kegiatan ekonomi akan meningkat akhir tahun ini.

Mnuchin telah mengadakan negosiasi dengan Partai Demokrat di DPR mengenai RUU yang bertujuan untuk membantu meringankan dampak keuangan akibat terjadinya wabah pneumonia Wuhan, yang akhirnya dapat pengesahan DPR. Senat akan mengadakan pemungutan suara paling cepat pada hari Senin, 16 Maret. Trump menyatakan dukungannya untuk RUU itu pada 13 Maret sebelum DPR memberikan suara.

Pandemi Wuhan kembali menyebabkan guncangan di pasar keuangan. Indeks Dow Jones anjlok 10% pada hari Kamis, 12 Maret, merupakan penurunan terbesar dalam sehari sejak Black Monday yang terjadi pada tahun 1987. Hari Jumat, 13 Maret, Indeks Dow Jones kembali naik, mendekati 2.000 poin.

“Harga Saham bisa naik, juga bisa turun, Kita tidak bisa hanya berfokus pada hal ini”, kata Mnuchin.

Mnuchin adalah anggota gugus tugas coronavirus khusus Gedung Putih. Ia mengatakan : “Kita akan menggunakan alat apa pun yang kita miliki (untuk menanggulangi virus), dan untuk alat yang tidak kita miliki, kita akan pergi ke Kongres dan meminta lebih banyak alat dari kedua partai. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan saya sudah mendiskusikan masalah yang vital bagi kita yakni maskapai penerbangan, hotel, jalur pelayaran, lebih banyak pinjaman, lebih banyak likuiditas, dan beberapa bentuk stimulus (ekonomi)”.

Ia menambahkan : “Kita akan menggunakan alat apa pun yang kami butuhkan untuk memastikan bahwa roda ekonomi dan rakyat Amerika yang pekerja keras dapat melewati masa sulit tersebut”.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya berharap lebih banyak uang akan mengalir ke publik Amerika. “Hal yang lebih penting lagi, kita perlu fokus pada industri penerbangan. Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya”, katanya.

Pandemi Wuhan sedang berkecamuk di seluruh dunia, menyebabkan banyak orang terinfeksi dan meninggal dunia. Hari Minggu, 15 Maret Presiden Trump mengumumkan Hari Doa Nasional dan mengatakan : “Semoga Tuhan memberkati setiap orang.” (sin)

Share

Video Popular