Erabaru.net.  Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto melaporkan sebanyak 25 Orang Meninggal Dunia, 15 Orang Sembuh dan 309 Pasien Positif Corona (kemudian dikoreksi 308 pasien positif).

Laporan tersebut disampaikan oleh Yurianto dalam keterangan pers live streaming via Youtube dan Instagram, Kamis (19/3/2020).

Kasus positif ada penambahan di 16 provinsi seluruh Indonesia yakni : Bali 1 kasus, Banten 27 kasus, DIY 5 kasus (Kemudian dikoreksi ada 4 kasus), DKI 210 kasus, Jawa Barat 26 kasus, Jawa Tengah 12 kasus, Jawa Timur 9 kasus, Kalimantan Barat 2 kasus, Kalimantan Timur 3 kasus, Kepulauan Riau 3 kasus, Sulawesi Utara 1 kasus, Sumatera Utara 2 kasus, Sulawesi Tenggara 3 kasus, Sulawesi Selatan 2 kasus, Lampung 1 kasus, dan Riau 2 kasus.

Menurut Yurianto, dari jumlah keseluruhan maka ada kasus yang sudah dua kali diperiksa negatif dan dinyatakan sembuh. Untuk di Jakarta dilaporkan pada Kamis (19/3/)  ada 4 orang yang dinyatakan sembuh. Sehingga total  sebanyak 15 orang pasien yang dinyatakan sembuh di Jakarta.

Kemudian jumlah kasus meninggal di DKI Jakarta, sebanyak 5 orang sehingga menjadi 17 orang meninggal dunia. Penambahan pasien meninggal tersebut terjadi di DKI Jakarta sebanyak 5 orang dan Jawa Tengah 1 orang.

“Angka ini memang masih tinggi. Tapi ini adalah angka yang dinamis yang setiap saat jumlah kasus baru akan bisa meningkat dengan cepat. Mudah-mudahan tidak ada lagi kasus meninggal, artinya persentase ini adalah angka yang posisi pada hari ini. Angka ini akan dinamis dan setiap saat pasti akan berubah,” katanya.

Menurut Yurianto, beberapa kasus meninggal yakni rentang usia antara 45 hingga 65 tahun. Ada satu kasus yg meninggal pada usia 37 tahun.

“Kalau kemudian kita perhatikan faktor yang lain maka hampir seluruhnya memiliki penyakit pendahulu, sebagian besar adalah diabetes, hipertensi, dan kemudian penyakit jantung kronis. Beberapa di antaranya penyakit paru obstruktif menahun,total kasus 309, meninggal 25 orang dan sembuh 15 orang,” ujar dia.

**Koreksi laporan : Sebelumnya dikatakan ada 5 kasus corona di Yogyakarta. Dinkes DIY mengoreksi, jadi total 4 orang positif corona di Yogyakarta.

(asr)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular