- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Kecewa Terhadap Beijing yang Menutupi Epidemi, Trump: Komunis Tiongkok sangat Misterius

Epochtimes.com

Pada hari Sabtu (21/3), Presiden Trump menggelar briefing di Gedung Putih, seorang wartawan bertanya kapan mengetahui tentang virus komunis Tiongkok. “Saya tahu Anda ingin bertanya tentang masalah pertanggungjawaban komunis Tiongkok.” 

“Saya menghormati Tiongkok, saya juga suka Tiongkok, menurut saya, bangsa Tiongkok itu luar biasa, saya memiliki hubungan dekat dengan Presiden Xi,” kata Trump menjawab pertanyaan wartawan.

 Trump mengatakan :  “Saya berharap mereka (komunis Tiongkok) dapat memberi tahu kami tentang apa yang terjadi sebenarnya, Tapi kami baru tahu setelah masalah itu dipublikasikan.”

Trump berkata : “Saya berharap mereka memberi tahu kami lebih awal karena dengan begitu kami dapat menemukan solusinya lebih cepat, dan para ahli kami memiliki waktu 3 atau 4 bulan untuk menyiapkan segalanya, tapi mereka juga baru tahu setelah membaca laporan di surat kabar.”

Menurut Trump, Tiongkok itu aneh dan misterius, sangat tertutup, dan itu sangat disayangkan.

“Mereka memiliki masalah besar, mereka tahu itu, dan saya harap mereka dapat memperingatkan kita sebelumnya karena dengan begitu kita bisa lebih cepat melakukan banyak hal,” kata Trump.

Misalnya, jika memiliki waktu sekitar dua atau tiga bulan, kita akan memesan beberapa kebutuhan (sarana medis) terkait sesegera mungkin. 

Wartawan menanyai Presiden Trump dalam tweetnya pada Januari lalu, memuji Presiden Xi Jinping dan transparansi-nya. “Saya kira komunis Tiongkok transparan pada saat itu, tetapi ketika tahu apa yang terjadi setelah itu, saya baru menyadari mereka tidak memberi tahu kami lebih awal sebelumnya,” jawab Trump.

Dia mengatakan bahwa Tiongkok juga sangat menderita sekarang. Ribuan orang di Tiongkok kehilangan nyawanya karena hal itu. Mereka “menjalani kehidupan seperti neraka.”

Selama briefing di Gedung Putih pada  17 Maret itu, Presiden Trump untuk pertama kalinya dan secara terbuka mengecam Komunis Tiongkok menyalahkan tentara Amerika, dan berkata, “Militer kami tidak melakukan seperti yang dituding komunis Tiongkok, dan saya tidak setuju dengan pernyataan mereka.”

Trump mengumumkan pembatasan perjalanan ke Tiongkok pada 31 Januari, melarang wisatawan asing yang telah mengunjungi Tiongkok dalam 14 hari terakhir memasuki negara Amerika Serikat. Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih, bahwa ia baru mengetahui betapa seriusnya epidemi itu sebelum ia mengumumkan perintah itu. (jon/asr)

Video Rekomendasi :