Erabaru.net. Kebakaran hutan di Chernobyl selama lebih dari seminggu telah merusak bagian dari zona eksklusi , dan sekarang ada kekhawatiran bahwa api sedang menuju ke dekat reaktor nuklirnya.

Berita itu datang hanya seminggu setelah pejabat Ukraina menemukan lonjakan radiasi besar di daerah di mana kebakaran pertama dimulai.

Ketika api terus menyebar, ada kekhawatiran yang berkembang bahwa jika terlalu dekat dengan reaktor, yang meledak pada tahun 1986, mungkin ada kontaminasi radiasi.

(Foto: East2West)

Ratusan petugas pemadam kebakaran telah berupaya untuk memadamkan api yang telah menyala sejak 5 April.

Kebakaran telah menelan 8.600 hektar sejak kebakaran hutan dimulai dan pada hari Sabtu, 11 April, 400 petugas pemadam kebakaran, 100 mobil pemadam kebakaran dan beberapa helikopter telah dikerahkan ke zona tersebut, The New York Times melaporkan.

Sementara tingkat radiasi melonjak 16 kali lebih tinggi minggu lalu dari kebakaran, itu masih jauh lebih rendah dari radiasi yang dikeluarkan oleh ledakan awal, tetapi masih menimbulkan risiko bagi penduduk negara itu.

(Foto: East2West)

Menyusul kebakaran yang berkembang di area sekitar zona eksklusi, polisi telah mengevakuasi penduduk dari Desa Poliske yang terletak di dalam zona tersebut.

Terlepas dari kenyataan bahwa orang-orang dilarang tinggal dalam jarak 30 kilometer dari pembangkit listrik, Poliske diyakini sebagai rumah bagi 20 penduduk.

Prakiraan cuaca menunjukkan angin telah meniupkan asap radioaktif ke arah wilayah Chernihiv dan perbatasan dengan Belarusia dengan kekhawatiran yang semakin besar bahwa asap itu akan sampai ke ibu kota negara itu, Kiev, hanya 60 mil jauhnya. Kiev adalah rumah bagi hampir tiga juta orang.

(Foto: East2West)

Kateryna Pavlova, penjabat kepala agen yang mengawasi area yang sedang terbakar, mengatakan kepada The New York Times:

“Saat ini, kami tidak dapat mengatakan bahwa api itu terbendung. Kami telah bekerja sepanjang malam menggali sekat api di sekitar pabrik untuk melindunginya dari api.

“Angin dapat mengangkat partikel-partikel panas di udara bersama dengan abu dan meniupnya ke daerah-daerah berpenduduk.

“Kami beruntung memiliki tindakan karantina di tempat sekarang karena orang-orang tinggal di rumah, dan memakai masker.”

Sementara kebakaran hutan di sekitar wilayah Chernobyl tidak biasa, kebakaran saat ini dilaporkan bahwa seorang pria yang menyebabkan kebakaran telah ditahan.

(Foto: East2West)

Seiring meningkatnya kekhawatiran tentang penyebaran asap radioaktif, Yegor Firsov, kepala layanan inspeksi ekologi negara Ukraina, mengkonfirmasi bahwa tingkat radiasi di Kiev “dalam tingkat normal” pekan lalu.

Pada 9 April, Layanan Darurat Negara Ukraina melaporkan bahwa tingkat radiasi latar belakang terus berada dalam kisaran normal di sekitar ibu kota.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular