Erabaru.net. Dokter di Tiongkok telah berhasil mengeluarkan tulang ayam dari paru-paru seorang wanita – 14 tahun setelah dia tanpa sadar menelannya.

Wanita 22 tahun, yang belum disebutkan namanya, menderita batuk terus-menerus setelah batuk parah awal, ketika dia berusia sekitar tujuh atau delapan tahun.

Dia menjalani scan di rumah sakit untuk mencoba menentukan penyebab batuk, tetapi petugas medis pada saat itu tidak melihat adanya keganjilan.

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Wanita muda itu terus mengalami batuk dan masalah pernapasan dan dia berulang kali salah didiagnosis dengan bronkiektasis, suatu kondisi yang ditandai dengan batuk yang kaya lendir karena saluran udara yang rusak.

Bronkiektasis biasanya diobati dengan obat-obatan seperti antibiotik, tetapi gejalanya tidak pernah surut meskipun bertahun-tahun mencari pengobatan.

Dia baru-baru ini memutuskan untuk mencari pembedahan untuk hiperhidrosis – atau berkeringat berlebihan – tetapi sebelum melakukannya dia ingin terlebih dahulu mengobati kesulitan bernafasnya.

(Foto: AsiaWire)

Dia baru-baru ini dirawat di Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Kedokteran Guangzhou, yang berada di Provinsi Guangdong di Tiongkok Selatan, di mana Wakil Kepala Bedah Kardiotoraks Wang Jiyong memerintahkan pemindaian CT baru.

Hasil pindaian mengungkapkan ada benda asing berada di pangkal paru kanannya, sehingga ahli bedah Yang Ming melakukan bronkoskopi dalam upaya untuk mengidentifikasi benda itu. Sebuah bronkoskopi melibatkan memasukkan tabung bronkoskop dengan kamera kecil dan ringan melalui hidung atau mulut dan turun ke tenggorokan ke bronkus dan bronkiolus paru-paru.

Ming berbicara tentang operasi pada 12 April, menjelaskan pasien menjalani prosedur 30 menit di mana ahli bedah berhasil mengeluarkan potongan tulang kecil yang diyakini Ming itu tulang ayam atau bebek.

(Foto: AsiaWire)

Pemindaian dari rumah sakit menunjukkan tulang terlihat jelas di paru-paru wanita, dan gambar yang diambil setelah prosedur menunjukkan petugas medis memegang tulang, yang tampaknya memiliki panjang beberapa sentimeter.

Mengingat ukurannya, tampaknya membingungkan wanita muda itu bisa menelan tulang tanpa menyadari apa yang telah terjadi, tetapi dr. Jiyong berspekulasi dia telah menghirup tulang saat makan 14 tahun yang lalu.

(Foto: AsiaWire)

Sebuah gambar wanita muda yang mencungkan jempol dari tempat tidur rumah sakitnya menunjukkan bahwa ia baik-baik saja setelah menjalani prosedur ini – semoga operasi akan menghentikan kesulitan bernapasnya untuk selamanya.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular