Erabaru.net. Dalam kehidupannya, Nikolay Ivanovich Pirogov adalah salah satu pemikir medis paling cemerlang dalam sejarah manusia, praktik dan prosedur bedahnya masih digunakan sampai sekarang.

Dalam kematian, ia mempertahankan status legendarisnya sebagai seorang jenius medis, tetapi ia juga mendapatkan perhatian karena menjadi mumi modern tertua di dunia.

Lahir pada tahun 1810, di Rusia, Pirogov menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam berbagai jenis operasi bedah, mengembangkan tekniknya sendiri menggunakan gips pada tulang yang patah, dan ia adalah orang pertama yang menggunakan anestesi eter di rumah sakit lapangan, menyelamatkan ribuan nyawa.

Dia secara luas dianggap sebagai salah satu dokter terbesar Rusia dan bapak operasi modern. Tetapi, setelah dibalsem beberapa jam setelah kematiannya, pada tahun 1881, Nikolay Ivanovich Pirogov juga dikenal sebagai mumi modern tertua di dunia, serta salah satu yang paling terpelihara.

Sama seperti kejeniusan Nikolay Pirogov, telah mencapai status yang hampir legendaris. Tubuh dokter bedah itu diyakini telah dibalsem menggunakan campuran dan teknik yang ia sendiri rancang, oleh salah seorang muridnya, David Vyvodtsev. Dikatakan bahwa para ilmuwan telah berjuang untuk meniru proses pembalseman selama lebih dari satu abad, tetapi mereka belum mendapatkan hasil yang sama.

Meskipun tubuh Pirogov telah dipajang di sebuah kapel keluarga kecil di Desa Vinnitsa, Ukraina, pada suhu kamar selama 140 tahun sekarang, tubuh itu sangat terawat.

Vladimir Ilyich Lenin, mumi modern paling terkenal di dunia, dijaga pada suhu rendah yang konstan dan menjalani perawatan di klinik bawah tanah khusus dua kali seminggu, tetapi tubuh Pirogov diduga tidak memerlukan perawatan sama sekali, selain dari debu yang menempel di lemari kaca…

Namun, ada beberapa sumber yang mengklaim tubuh Nikolay Pirogov tetap dalam kondisi yang sangat baik berkat prosedur pembalseman rutin setiap lima, tujuh tahun. Satu hal yang disetujui oleh semua sumber adalah bahwa mumi Pirogov jauh lebih terawat daripada yang dimiliki Lenin.

Kapel yang menampung jasad ahli bedah besar adalah bagian dari Museum Pirogov, di Vinnitsa. Pengunjung datang ke sini untuk belajar tentang eksploitasi dokter dan ilmuwan legendaris, mendengarkan cerita dan legenda tentang kejeniusannya. Bahkan, ada orang yang mengatakan bahwa doa orang dan rasa hormatnya kepada ahli bedah juga berperan dalam menjaga mumi modern tertua di dunia dalam kondisi yang sangat baik.

Tidak banyak yang diketahui tentang zat pembalseman dan teknik yang digunakan pada Pirogov. David Vyvodtsev dikatakan telah menggunakan campuran air suling, etil alkohol, gliserin dan, mungkin, timol, tetapi proporsi yang digunakan tidak diketahui. Rupanya, proses pembalseman hanya membutuhkan beberapa sayatan. Sebagian besar organ internal, termasuk otak dan jantung, tidak dihilangkan.

Para ahli percaya bahwa persentase rendah lemak dalam tubuh Pirogov berdampak positif terhadap hasil pembalseman juga. Apa pun alasannya, tubuh Nikolay Ivanovich Pirogov yang berusia 140 tahun yang dibalsem tetap menjadi mumi modern tertua dan terlestarikan terbaik di dunia.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular