oleh Cindy Gu – Publisher The Epoch Times Kanada

The Epoch Times edisi bahasa Inggris di Kanada baru-baru ini menerbitkan edisi khusus mengenai bagaimana Beijing merahasiakan  wabah Coronavirus di Wuhan sehingga menyebabkan pandemi global dengan judul halaman depan “How the Chinese Communist Party Endangered the World” yang artinya Bagaimana Partai Komunis Tiongkok Mengancam Dunia.” 

Ini adalah edisi delapan halaman artikel Epoch Times yang didistribusikan ke daerah-daerah tertentu di Kanada, karena kami percaya artikel itu berisi informasi penting untuk diketahui oleh warga Kanada.

Pada tanggal 29 April 2020, CBC menerbitkan sebuah artikel yang ditujukan untuk edisi khusus ini. Isinya dengan sengaja menyesatkan dan dengan sengaja mengesampingkan informasi penting yang kami berikan kepada CBC sebelum CBC menerbitkan artikel itu. Satu-satunya tujuan tampaknya adalah untuk mendiskreditkan The Epoch Times dan pelaporan kami mengenai Coronavirus.

Salinan email kami ke pelapor CBC sebelum dipublikasikan dimasukkan di akhir artikel ini.

Kami melihat bahwa sebagian besar komentar pada artikel CBC adalah mengkritik CBC. Di akhir artikel ini kami sertakan beberapa komentar tersebut.

Judul CBC pada artikel itu tampaknya berbicara untuk semua orang Kanada, mengatakan “‘Rasis dan Meradang’: Kanada kecewa pada The Epoch Times yang mengklaim Tiongkok berada di belakang virus itu, Tiongkok menjadikan virus itu sebagai senjata  biologis.”

Bagaimana CBC mengetahui secara persis bagaimana perasaan mayoritas warga Kanada mengenai liputan kami? Halaman depan edisi khusus The Epoch Times yang didistribusikan pada tanggal 13 April 2020.

Artikel itu mengutip seseorang yang merasa bahwa liputan kami mengenai tanggung jawab Komunis Tiongkok terhadap pandemi Coronavirus adalah “rasis dan meradang.” Apakah pendapat satu orang sebagai sumber  berita utama mewakili semua warga Kanada?

Judulnya berfokus pada bagian kecil dari edisi khusus yang berisi delapan halaman milik kami, sebuah artikel komentar yang membahas sejarah pejabat tinggi Partai Komunis Tiongkok berbicara mengenai pengembangan senjata biologis. Tetapi artikel opini ini tidak menyatakan bahwa laboratorium Wuhan mengembangkan senjata biologis, bertentangan dengan klaim dalam berita utama.

CBC dengan sengaja menghilangkan bahwa organisasi media kami didirikan oleh para imigran Tiongkok, yang dinyatakan dalam email ke wartawan tersebut. 

Kami The Epochtimes adalah media yang memberitahukan kepada orang-orang bahwa pandemi ini bukanlah kesalahan rakyat Tiongkok, tetapi adalah kesalahan Partai Komunis Tiongkok. 

Sejatinya, Rakyat Tiongkok telah menjadi korban penanganan Partai Komunis Tiongkok terhadap pandemi ini. Dengan mendiskusikan peran Partai Komunis Tiongkok, kami benar-benar membela rakyat Tiongkok.

Halaman depan edisi khusus The Epoch Times yang didistribusikan pada 13 April 2020.

Memahami kebenaran mengenai peran Partai Komunis Tiongkok juga akan membantu menghilangkan ketegangan ras.

Propaganda Partai Komunis Tiongkok adalah asal identifikasi Komunis Tiongkok dan Tiongkok, dan Partai Komunis Tiongkok bekerja terus menerus untuk menekankan hal ini, tidak hanya media di Tiongkok yang dikendalikannya, tetapi juga di media seluruh dunia.

Dengan menggabungkan dua entitas yang sangat berbeda bersama untuk membangkitkan gagasan tersebut saat  seseorang berbicara mengenai Partai Komunis Tiongkok, itu sama dengan berbicara mengenai Tiongkok, penggabungan ini digunakan untuk membangkitkan patriotisme rakyat Tiongkok dan mengkhawatirkan Barat terhadap rasisme, yang mengarahkan orang-orang dari kedua kelompok untuk membela Komunis Tiongkok. 

Dengan cara ini, motif orang-orang yang layak digunakan untuk menjerat mereka dalam perilaku buruk Partai Komunis Tiongkok. Jika orang-orang membaca media kami, mereka akan melakukannya memahami masalah ini dengan lebih baik.

Tidak ada keseimbangan dalam artikel CBC. Wartawan tersebut dengan sengaja memilih beberapa suara yang memiliki pendapat sepihak dan menggunakannya untuk mendiskreditkan kami. Artikel tersebut tidak menyertakan komentar dari individu yang mungkin tidak setuju dengan kritik CBC.

Bahkan, kami menerima banyak umpan balik melalui telepon atau email mengenai edisi khusus ini dan menyadari bahwa banyak orang Kanada sangat menghargai karya kami. Terkadang orang menelepon ke  kantor kami dan sangat kritis, tetapi saat kami berbicara dengan mereka, kami sering menemukan bahwa mereka tidak meluangkan waktu untuk membaca konten kami, tetapi hanya melirik sampulnya dan melompat ke kesimpulan. Saat kami menjelaskan konten kami dan meminta mereka untuk membacanya, mereka sering mengubah sikap dan pendapatnya.

Artikel CBC juga berusaha mendiskreditkan pelaporan kami di Tiongkok. 

Padahal, Tiongkok adalah subjek paling sulit bagi media untuk diliput karena rezim Beijing kurang transparan. Namun, kami memiliki lebih banyak koneksi di dalam daratan Tiongkok daripada media lainnya dan melaporkan informasi penting sebelum dilaporkan oleh banyak media lain.

Kami mulai melaporkan virus Wuhan pada tanggal 31 Desember dan melaporkan pada kerahasiaan angka-angka yang sebenarnya pada awal bulan Februari. Jika lebih banyak orang membaca The Epoch Times, kanada misalnya dapat dipersiapkan untuk menghadapi wabah. Pendapat kami, tidak ada cukup pelaporan yang benar mengenai Tiongkok dan sifat rezim komunis yang berkuasa.

Artikel CBC juga menggunakan penganiayaan terhadap Falun Gong di Tiongkok untuk secara tidak adil membingkai kami sebagai media yang digerakkan oleh agenda, kemudian selanjutnya secara salah menggambarkan penganiayaan itu.

Ini adalah pelaporan yang sangat tidak bertanggung jawab untuk mengatakan “Praktisi Falun Gong mengatakan pemerintah menganiaya mereka dan menindas hak-hak kepercayaannya,” seolah-olah bukti untuk penganiayaan terhadap Falun Gong hanyalah tergantung pada apa kata praktisi Falun Gong. 

Dari penelitian paling dasar, CBC harus mengetahui secara persis, misalnya, bahwa Kongres Amerika dan Parlemen Eropa telah meloloskan resolusi yang mendesak Partai Komunis Tiongkok  untuk menghentikan kampanye penganiayaan. Bahkan, mengemukakan kekhawatiran mengenai panen organ secara paksa atau secara eksplisit mengutuk panen organ secara paksa yang menargetkan praktisi Falun Gong.

Mengenai penganiayaan itu, satu sumber CBC mengatakan mungkin ada “pasti berlebihan ” secara terang-terangan meremehkan kampanye penganiayaan yang kejam itu, yang mana telah mengakibatkan penderitaan dan kematian yang tak terhitung.

Artikel tersebut juga memiliki kesalahan faktual sederhana. Misalnya, kalimat pertama menggambarkan kami sebagai “koran gratis yang biasanya ditemukan di kotak jalan.” 

The Epoch Times di Kanada menghentikan distribusi melalui kotak jalan pada bulan Juli lalu dan kini hanya tersedia melalui langganan berbayar dan pengiriman ke rumah.

Artikel ini juga menegaskan bahwa Shen Yun Performing Arts adalah bagian Epoch Media Group. Hal itu tidak benar.

Kami memahami bahwa pembaca yang berbeda mungkin memiliki pendapat yang berbeda, dan pembaca seperti itu memiliki hak untuk memilih media apa pun yang ingin dibacanya. Tetapi memiliki banyak suara memberi orang pilihan yang lebih baik, dan menjadikan masyarakat lebih sehat masyarakat. Laporan CBC ini dimaksudkan untuk mematikan suara kami. 

Bukannya berdebat mengenai  kesalahan pelaporan konkret yang spesifik dan menunjukkannya, CBC mengutip beberapa suara-suara kritis dalam upaya untuk mendiskreditkan kami.

The Epochtimes sendiri telah menerima banyak penghargaan untuk pelaporan kami, termasuk dari Masyarakat Jurnalis Profesional dan Asosiasi Pers New York.

Kami juga menerima penghargaan nasional untuk liputan kami mengenai cakupan SARS di Kanada, setelah menjadi salah satu media pertama yang menceritakan kisah SARS pada tahun 2003, tiga minggu sebelum rezim Tiongkok mengakui adanya epidemi SARS.

Berikut Email yang Dikirim ke Wartawan CBC  Sebelum Publikasi : 

Email tersebut mencakup pesan kepada wartawan CBC, informasi yang perlu diperhatikan dan informasi mengenai Edisi Khusus.

Hai Katie, Terima kasih atas pertanyaannya.

Pertama, The Epoch Times didirikan oleh para imigran Tiongkok di Amerika Utara

yang melarikan diri dari penganiayaan komunis di negara asalnya. Semua editor dan wartawan kami di Tiongkok ditangkap, dengan beberapa di antaranya dijatuhi hukuman penjara yang lama dan dan mengalami penyiksaan brutal. Kami memiliki koneksi di Tiongkok di mana orang-orang memberikan informasi eksklusif yang kami laporkan. Sebagai contoh, ini dan di sini adalah dua artikel terbaru mengenai wabah virus berdasarkan dokumen internal pemerintahan  Tiongkok yang bocor ke The Epoch Times. The Epoch Times telah membocorkan banyak cerita penting yang terkait dengan Tiongkok selama dua dekade terakhir.

Kedua, Kami mulai melaporkan situasi virus yang mengkhawatirkan pada tanggal 31 Desember 2019. Pada awal bulan Februari, kami melaporkan bahwa jumlah kasus infeksi dan kasus kematian sebenarnya di Tiongkok  setidaknya adalah 10 hingga 20 kali lipat dari angka resmi pemerintah Tiongkok, jauh sebelum media lain melaporkan. Jika lebih banyak orang membaca laporan kami, maka dunia akan lebih siap menghadapi virus tersebut. Informasi tepat waktu dapat selamatkan nyawa.

Ketiga, The Epoch Times baru-baru ini menjadi “sampel” salinan edisi khusus

Mengenai kerahasiaan Beijing yang menyebabkan pandemi global di beberapa daerah karena kami menganggap informasi itu adalah penting bagi orang Kanada. Kami menganggap pengambilan sampel sebagai tindakan kewarganegaraan yang baik. Pengambilan sampel mengacu pada mendistribusikan salinan surat kabar ke lingkungan spesifik. Ini adalah cara standar untuk meningkatkan kesadaran merek dan merekrut pelanggan baru.

Keempat, Beberapa orang mungkin telah salah mengkritik Partai Komunis Tiongkok dengan melontarkan kritikan terhadap rakyat Tiongkok. Partai Komunis Tiongkok tidak mewakili rakyat Tiongkok atau negara Tiongkok.

Memahami perbedaan tersebut adalah vital dan akan menghilangkan ketegangan rasial, saat orang-orang mulai memahami bahwa kritik terhadap penanganan virus ditujukan kepada Partai Komunis Tiongkok, bukan ditujukan kepada rakyat Tiongkok.

Konfrontasi saat ini adalah antara Partai Komunis Tiongkok dengan orang-orang di dunia, baik di dalam maupun di luar Tiongkok. Baik rakyat Tiongkok maupun rakyat Kanada adalah korban kerahasiaan Komunis Tiongkok.

Kami tidak sendirian dalam membedakan antara Partai Komunis Tiongkok  dengan Tiongkok. Pertimbangkan tajuk utama baru-baru ini: Washington Post dengan artikel berjudul “Don’t blame ‘China’ for the coronavirus — blame the Chinese Communist Party” yang artinya Jangan salahkan ‘Tiongkok’ karena Coronavirus – salahkanlah Partai Komunis Tiongkok,” Globe and Mail dengan artikel berjudul “The coronavirus exposes the lie at the heart of Communist China” yang artinya Coronavirus memaparkan kebohongan di jantung Tiongkok Komunis” dan  National Post menulis dengan judul “Beijing’s communist regime is the biggest ‘China virus’ threatening our survival” yang artinya Rezim komunis Beijing adalah ‘virus Tiongkok’ terbesar yang mengancam kelangsungan hidup kita.”

Kelima, Mengenai laboratorium Wuhan, ini adalah bagian kecil dari pelaporan kami mengenai Coronavirus. Tiongkok membungkam Whistleblower sejak awal, menghancurkan sampel, dan memalsukan data. Kami hanya mengajukan pertanyaan seperti media lainnya. Di masa lalu, pejabat tinggi militer Partai Komunis Tiongkok secara terbuka berbicara mengenai pengembangan senjata biologis.

Apakah virus itu direkayasa atau tidak, adalah belum terbukti juga belum terbantahkan saat ini.

Dalam film dokumenter kami, kami hanya mengajukan pertanyaan, tidak pernah mengesampingkan asal virus yang wajar dan tidak menyatakan bahwa virus itu direkayasa. Dokumentasi tersebut adalah teliti di mana tidak memberikan kesimpulan definitif mengenai asal virus. Dokumentasi tersebut menyajikan fakta-fakta yang diketahui dan pendapat para ahli.

Keenam, Sementara sebagian besar surat kabar telah mengalami penurunan sirkulasi, The Epoch Times telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, melawan tren.

Perlu diperhatikan:

The Epoch Times adalah yang pertama melaporkan mengenai wabah SARS pada tahun 2003, tiga minggu sebelum rezim Tiongkok secara terbuka mengakui adanya wabah. Liputan awal kami mengenai wabah SARS menghasilkan penghargaan nasional dari Dewan Pers dan Media Etnis Nasional Kanada untuk The Epoch Times edisi bahasa Mandarin.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini oleh Universitas Southampton, jika intervensi non-farmasi — seperti deteksi dini, isolasi kasus, pembatasan perjalanan dan sanitasi barangkali … bila dilakukan satu minggu sebelumnya, maka kasus dapat dikurangi 66 persen; bila dilakukan dua minggu sebelumnya, maka kasus dapat dikurangi 86 persen; bila dilakukan tiga minggu sebelumnya, maka kasus dapat dikurangi 95 persen,  — secara signifikan membatasi penyebaran geografis penyakit ini.”

Dr. Shawn Whatley, mantan presiden Asosiasi Medis Ontario, berkata : “Saya pertama kali mengetahui kerusakan oleh virus baru Wuhan yang agresif dari The Epoch Times. Pujian untuk The Epoch Times telah melakukan apa yang kita bayar miliaran dolar kepada Kementerian Kesehatan untuk melakukannya.”

Adapun mengenai Edisi Khusus:

Edisi Khusus kami menampilkan beberapa liputan kami mengenai virus yang telah melanda dunia, yang menyebabkan ancaman serius bagi kesehatan dan cara hidup orang-orang.

Sudah ada banyak laporan dan penelitian, dan bahkan komentar oleh pemerintah, yang mencatat bahwa bila rezim komunis Tiongkok berterus terang mengenai wabah dan risiko secara lebih cepat, maka banyak nyawa dapat diselamatkan dan kerusakan ekonomi adalah minimal.

Edisi Khusus menggali topik-topik seperti bagaimana kerahasiaan Partai Komunis Tiongkok menyebabkan pandemi, bagaimana rezim Tiongkok menganiaya profesional medis di Tiongkok yang berusaha  mendapatkan informasi mengenai wabah, bagaimana rezim Tiongkok masih menyembunyikan skala sebenarnya dari pandemi dan jumlah kematian di Tiongkok, dan bagaimana rezim Tiongkok meluncurkan kampanye informasi sesat global untuk melempar kesalahan pandemi di tempat lain.

Salam dari,

Cindy Gu

Publisher, The Epoch Times Kanada

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular