Zachary Stieber

Presiden Donald Trump menyatakan ia melihat adanya bukti yang menunjuk ke virus Komunis Tiongkok yang berasal dari Institut Virologi Wuhan, sebuah laboratorium tingkat-atas di mana para peneliti mempelajari bagaimana Coronavirus melompat dari binatang ke manusia.

“Ya, saya punya bukti,” kata Donald Trump kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Kamis 30 April 2020. 

Hal demikian disampaikannya saat ditanya oleh wartawan apakah ia melihat sesuatu yang membuatnya sangat yakin laboratorium tersebut adalah asal dari virus  Komunis Tiongkok,  jenis Coronavirus baru dari Tiongkok.

Saat ditanya lagi oleh wartawan, “apakah anda menyatakan bahwa anda memiliki beberapa bukti bahwa virus ini bukanlah virus yang terjadi secara alami?”

Donald Trump menjawab, “Tidak, kami  akan melihat di mana virus itu. Kami akan melihat dari mana virus itu berasal…ada banyak teori. Tetapi, ya, kami memiliki orang yang menyatakan hal tersebut secara sangat, sangat kuat.”

Virus itu muncul di Wuhan, Tiongkok dekat laboratorium tersebut akhir tahun lalu.

Kantor Direktur Intelijen Nasional mengatakan pada hari Kamis sebelumnya bahwa badan intelijen menyimpulkan virus itu bukanlah buatan manusia atau secara genetik diubah.

Tetapi kepala komunitas intelijen Amerika Serikat juga mengatakan masih menyelidiki apakah pandemi dimulai sebagai akibat kecelakaan di laboratorium Wuhan.

Donald Trump mengatakan, ia tidak dapat mengomentari pernyataan itu, karena ia belum melihatnya.

Diminta untuk merinci bukti yang dilihatnya yang mendukung teori virus berasal dari laboratorium, Donald Trump berkata: “Saya tidak dapat memberitahukan kepada anda mengenai hal itu. Saya tidak diizinkan memberitahukan anda mengenai hal itu.”

Saat ditanya apa yang dimaksud Donald Trump dan apakah pejabat ingin menambahkan apa pun selain ucapannya, Gedung Putih merujuk The Epoch Times ke Dewan Keamanan Nasional, yang menolak berkomentar.

Donald Trump mengatakan bahwa “kami masih menyelidiki untuk memastikan,” kata penasihat Donald Trump Kellyanne Conway mengatakan kepada wartawan di luar Gedung Putih pada hari Jumat 1 Mei 2020.

“Apakah virus itu berasal dari suatu laboratorium, atau virus itu berasal dari pasar basah, atau berasal dari kelelawar, kucing, itu semua sedang diselidiki. 

Pasti ada hal-hal yang tidak dapat diungkapkan atau yang dibicarakan oleh Presiden Donald Trump saat ini,” tambah Kellyanne Conway. 

Ditanya apakah Donald Trump mengatakan virus itu diciptakan di laboratorium tersebut, Kellyanne Conway mengatakan tidak. ” Presiden Donald Trump tidak mengatakan hal itu,” kata Kellyanne Conway.

Amerika Serikat belum dapat memperoleh akses ke Institut Virologi Wuhan, menurut Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. Para ilmuwan Tiongkok berpendapat bahwa virus itu tidak diciptakan atau dirilis, secara tidak sengaja atau secara sengaja, oleh laboratorium tersebut.

Donald Trump mengatakan orang-orang di komunitas ilmiah dan intelijen, bersama dengan yang lainnya, melihat “sangat kuat” pada berbagai teori mengenai asal-usul  virus tersebut.

“Dan saya pikir kami akan menggabungkan semuanya dan saya pikir kami akan memiliki sebuah  jawaban yang sangat bagus,” kata Donald Trump. (vv/asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular