Epochtimes.com- Lebih dari 20 hari setelah Kim Jong-un “menghilang”, dia menghadiri upacara penyelesaian pabrik pupuk baru di Kota Shuntian, Ping’an South Road pada 1 Mei 2020 lalu. 

Korea News Network (NK News) yang berbasis di Seoul melaporkan pada 2 Mei 2020 lalu, NK News dengan hati-hati memeriksa setelah video dirilis oleh agensi Korea Utara. Ditemukan bahwa Kim Jong-un memiliki bekas luka seukuran jarum di pergelangan tangan kanannya.

Para ahli medis mengatakan bahwa sesuai dengan ukuran bekas luka, tampaknya Kim Jong-un mungkin telah menjalani “operasi kardiovaskular.”

Korea Utara melaporkan sebagai perbandingan  ketika Kim Jong Un menghadiri pertemuan Politbiro Partai Buruh pada 11 April 2020 lalu, pergelangan tangan kanannya tidak memiliki bekas luka seperti itu.

Kim Jong-un,   tidak muncul di depan umum setelah 11 April, meskipun ada perayaan dua acara penting, seperti perayaan Festival Matahari pada 15 April dan ulang tahun tentara Korea Utara pada 25 April lalu. Kim Jong-un tidak muncul di media.

Seorang ahli medis yang dilatih di Amerika Serikat mengatakan kepada Korea Utara News bahwa bekas luka itu terlihat seperti tusukan otak kanan. Itu operasi yang sering digunakan untuk memasang stent melalui arteri koroner.

Bekas luka terlihat selama sekitar satu minggu. Sulit untuk melihat dari foto. Itu tidak boleh diberikan secara intravena, karena tidak meninggalkan bekas seperti itu.

Seorang ahli bedah Korea Selatan mengatakan kepada Korea Utara bahwa luka di lengan Kim Jong-un lebih terlihat seperti bekas luka dari prosedur medis atau pemeriksaan yang berkaitan dengan masalah jantung.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump juga mengatakan bahwa Kim Jong-un muncul di depan umum pada 1 Mei lalu. Dia tidak mengomentarinya. 

Trump merespon melalui twitternya pada 2 Mei, yang mengatakan, “Saya sangat senang melihatnya kembali, sangat bagus!”

Keterangan Gambar: Menurut sebuah video yang dirilis oleh media resmi Korea Utara pada 1 Mei, sebuah bekas luka baru muncul di pergelangan tangan kanan Kim Jong-un. Para ahli medis menilai bahwa ia mungkin telah menjalani operasi jantung. Gambar menunjukkan Kim Jong-un. (Gambar Chung Sung-Jun / Getty Images)

hui/rp 

Video Rekomendasi

Share

Video Popular