Ntdtv.com- Setelah sempat tersiar rumor soal kematian Kim Jong-un setelah melakukan operasi jantung, akhirnya muncul ke publik dengan foto-fotonya yang disiarkan oleh media corong pemerintah Korea Utara. 

Banyak netizen yang mengatakan bahwa itu mungkin sosok pameran pengganti Kim. Netizen pun mengemukakan setidaknya 4 keraguan itu.

Pertama, giginya jelas berbeda.

Beberapa netizen membandingkan foto-foto penampilan Kim Jong-un di Pabrik Pupuk Sunchon pada 1 Mei dengan foto-foto dari media resmi sebelumnya. Netizen menemukan bahwa ada perbedaan yang mencolok pada gigi dua sosok Kim Jong-un itu.

Dari foto itu menunjukkan, tepi bawah dari dua gigi depan Kim Jong-un sebelumnya sangat datar, dan tidak ada celah di antara kedua gigi depan. Namun, pada 1 Mei 2020, dua gigi depan Kim Jong-un relative lebih tajam, sehingga tampak celah besar. Selain itu, wajah Kim Jong-un juga terlihat lebih banyak kerutan pada 1 Mei 2020.

Kiri: Kim Jong Un pada 1 Mei. Kanan: Kim Jong-un dulu. (Internet)

Kedua, kontur telinga tidak sama

Beberapa netizen mengatakan, bahwa ditilik dari foto Kim Jong-un sebelumnya bisa dilihat telinga Kim berbentuk bulat dan daun telinganya juga tipis, tanpa garis alur yang menonjol. Tetapi pada 1 Mei, dua daun telinga Kim Jong-un tampak lebih tebal.

Keterangan foto : Kiri: Kim Yo-jong pada 1 Mei. Kanan: Kim Yo-jong dulu. (Internet)

Ketiga, ekspresi sangat jauh berbeda.

Beberapa netizen mengatakan bahwa Kim Jong-un yang muncul pada 1 Mei 2020, sepertinya tidak lagi emosional dan muram. Bahkan, ekspresi matanya sekilas tampak “datar”.  ketika mendengarkan laporan di dalam ruangan, pandangan matanya pernah terlihat kosong dan tak bergairah.

Keempat, model rambut diduga sudah berubah.

Beberapa netizen mengatakan bahwa ketika Kim Jong-un muncul di depan publik pada 1 Mei 2020, model rambutnya yang unik seperti telepon itu tampak beda. Beberapa netizen mengatakan, raut wajah Kim juga terlihat sedikit perubahan halus.


Kiri: Kim Jong Un pada 1 Mei. Kanan: Mantan Kim Jong-un. (Gambar web)

Sudah bukan rahasia lagi para pemimpin keluarga Kim memiliki beberapa pameran pengganti

Selain Kim Jong-un, perubahan diri pada saudara perempuannya, Kim Yo-jong bahkan jauh lebih mencolok. Dibandingkan dengan foto-foto Kim Yo-jong sebelumnya, penampilan dan ekspresi Kim Yo-jong pada 1 Mei itu tidak hanya berubah drastis. Akan tetapi juga tampak 10 tahun lebih muda. 

Ada yang mengatakan itu adalah faktor make up. Namun demikian, ada juga yang mengatakan make up tidak mungkin sampai bisa mengubah bentuk wajah. Diduga itu adalah peran pengganti Kim Yo-jong, adik perempuan Kim Jong-un

Keterangan foto : Kiri: Kim Yo-jong pada 1 Mei. Kanan: Kim Yo-jong dulu. (Internet)

Menurut laporan media resmi Korea Utara, Kim Yo-jong dan beberapa pejabat senior menemani Kim Jong-un melihat pabrik Pupuk Sunchon. Beberapa media menganalisis foto-foto Kim Yo-jong di tempat. Analisa mengatakan sepertinya baru pertama kali melihat Kim Yo-jong merias diri, besar kemungkinan untuk menutupi sesuatu.

Kiri: Kim Yo-jong yang duduk di atas podium pada 1 Mei 2020. Kanan: Kim Yo-jong dulu. (Internet)

Menurut netizen, sosok Kim Jong-un dan Kim Yo-jong itu adalah sosok pengganti mereka. Saat ini hanya berupa dugaan tanpa bukti. Netizen menduga bahwa jika itu memang sosok pengganti, maka Kim Jong-un yang sebenarnya sudah sekarat atau meninggal dunia, dan Kim Yo-jong menjadi tahanan rumah. (sin/jon)

Johny 

Video Rekomendasi

Share

Video Popular