Ntdtv.com- Pada 3 Mei 2020, Trump  diwawancarai Fox News Channel di bawah Patung Lincoln di Lincoln Memorial. Pada saat itu, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike  Pence dan Menteri Keuangan Mnuchin juga hadir. Komentator politik saat ini Tang Jingyuan di twitter menyatakan bahwa pilihan Trump merilis informasi di Lincoln Memorial seharusnya memiliki makna khusus.

Selama wawancara, reporter menyebutkan pernyataan Trump sebelumnya tentang “melihat bukti bahwa virus itu berasal dari Institut Virus Wuhan” dan bertanya apakah lebih banyak informasi dapat diungkapkan.

Trump menjawab: “Ya. Kami akan menerbitkan laporan kuat yang mengungkapkan kebenaran yang kami tahu. Saya pikir ini akan menjadi laporan yang sangat konklusif.”

Lalu apakah laporan itu akan menunjukkan racun yang berbahaya dari virus Komunis Tiongkok sengaja dilepaskan atau kebocoran laboratorium yang tidak disengaja? 

Menurut Trump, dia percaya bahwa Komunis Tiongkok pada awalnya membuat “kesalahan besar” dan berusaha menutupi kesalahan itu, termasuk mencegah para ahli asing untuk menyelidiki di Wuhan. 

Namun, Komunis Tiongkok akhirnya “tidak bisa memadamkan api,” jadi dunia harus menanggung resiko ini, untuk menghindari dirinya tidak terlalu memalukan.

Trump menyebutkan bahwa Komunis Tiongkok pernah memblokir lalu lintas antara Wuhan dan  dalam negeri Tiongkok, tetapi masih mengizinkan penerbangan internasional, yang tampaknya sengaja menyebarkan virus ke seluruh dunia.

Informasi publik menunjukkan bahwa setelah penutupan Wuhan pada 23 Januari, lalu lintas antara Wuhan dan semua bagian negara terganggu, tetapi penerbangan internasional dari Bandara Wuhan ke negara-negara asing masih lepas landas.

Pernyataan Trump diatas konsisten dengan posisi yang dinyatakan oleh Kantor Direktur Intelijen Nasional pada 1 Mei 2020 lalu. Pernyataan itu mengatakan bahwa komunitas intelijen Amerika sepakat bahwa virus Komunis Tiongkok bukan buatan manusia, dan fokus penyelidikan setelahnya adalah apakah virus itu berasal dari infeksi hewan atau kecelakaan laboratorium Wuhan. 

Menyusul kemudian, Trump mengatakan pada konferensi pers bahwa ia telah melihat bukti kuat bahwa virus tersebut berasal dari laboratorium Wuhan. 

hui/rp 

Video Rekomendasi

Share

Video Popular