Mengeksploitasi kesopanan insting dengan menyatakan semua kritik terhadap Partai Komunis Tiongkok sebagai “rasis” 

oleh Alex Ra Lee

Pada tanggal 29 April, media Kanada CBC News menerbitkan sebuah artikel yang kritis terhadap edisi khusus The Epoch Times baru-baru ini yang  didistribusikan ke wilayah di Kanada. Dengan halaman depan tajuk utama “How the Chinese Communist Party Endangered the World” atau “Bagaimana Partai Komunis Tiongkok Membahayakan Dunia,” edisi delapan halaman itu berisi kumpulan artikel mengenai bagaimana Beijing menutup-nutupi wabah Coronavirus di Wuhan sehingga menyebabkan pandemi global.

Artikel itu mengutip seorang penduduk Kelowna yang khawatir akan edisi khusus itu adalah berbau “rasis dan kejam” karena edisi khusus itu mengkritik rezim Tiongkok, dan “tampaknya menyinggung teori konspirasi” karena menyatakan bahwa virus itu mungkin berasal dari laboratorium Tiongkok.

Kekhawatiran ini secara luas dilebih-lebihkan, dan artikel itu mempertanyakan integritas jurnalistik dari penyiar nasional Kanada.

Mulailah dengan laboratorium. di permukaan, terdengar seperti teori konspirasi media sosial: bahwa virus yang menyebabkan COVID-19 berasal dari Institut Virologi Wuhan, baik secara sengaja atau tidak sengaja. Tetapi mengingat bahwa negara Amerika telah meluncurkan penyelidikan ke dalam laboratorium terkait, dan bersama dengan Inggris, Australia, dan Uni Eropa menyerukan penyelidikan internasional mengenai asal usul wabah itu, teori tersebut mendapatkan tempatnya dalam wacana arus utama. 

Penyelidikan ini  memang mungkin berakhir secara tidak konsisten, tetapi munculnya penyelidikan ini menunjukkan bahwa teori tersebut dapat menggunakan beberapa pemeriksaan media kritis, alih-alih diturunkan ke status “hanya teori konspirasi lain.”

BACA JUGA : Media CBC Kanada Sengaja Mengesampingkan Fakta Penting dari Epoch Times dan Liputan Kami Mengenai Beijing yang Merahasiakan Wabah

Yang lebih bermasalah adalah sindiran CBC News, dalam sebuah paragraf sebelum mengutip penduduk Kelowna, yang mengeluarkan isu khusus “pesan anti Partai Komunis dapat mengobarkan ketegangan rasial di Kanada selama pandemi.”

Kritik terhadap pemerintah dan meminta pertanggungjawabannya, baik di Kanada maupun di luar negeri, adalah tujuan inti pers yang independen dan karenanya masyarakat demokratis memegang Fourth Estate dengan harga tinggi. Adalah sangat mengkhawatirkan bahwa CBC News mundur dari melakukan pengawasan jurnalistik seperti itu saat CBC News condong ke rezim Tiongkok.

Lagi pula, kini diketahui bahwa asal dan penyebaran awal virus itu

ditutupi oleh Partai Komunis Tiongkok, yang menyensor dokter pelapor pelanggaran, para wartawan yang dipenjara, dan menyebarkan disinformasi — sembari mengintimidasi dan melancarkan serangan terhadap negara-negara yang mengkritik Partai Komunis Tiongkok, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Taiwan. Inilah sebabnya mengapa mengatakan bahwa Partai Komunis Tiongkok membahayakan dunia adalah klaim yang adil dan akurat. 

Membisukan kritik semacam itu karena takut menyebabkan pelanggaran adalah pelanggaran tanggung jawab jurnalistik dan pada dasarnya tidak berlaku di Kanada.

Memberi label kritik terhadap Partai Komunis Tiongkok sebagai rasis adalah musik di telinga ahli propaganda komunis. Partai Komunis Tiongkok berhasil mengeksploitasi kesopanan insting Kanada dengan menyatakan semua kritik terhadap Partai Komunis Tiongkok sebagai “rasis.” 

Partai Komunis Tiongkok menyamakan Partai Komunis Tiongkok, negara Tiongkok, dan semua rakyat Tiongkok sebagai orang Tiongkok — bahkan orang Tionghoa-Kanada yang tidak pernah tinggal di Tiongkok, atau yang melarikan diri untuk menghindari penganiayaan Partai Komunis Tiongkok. 

Kritik terhadap Partai Komunis Tiongkok secara langsung dilabeli sebagai rasis — strategi yang dirancang untuk menghindari pengawasan, membelokkan tanggung jawab, dan menyalahkan para kritikus.

BACA JUGA : Jaringan Luas yang Berdusta Seputar Virus Komunis Tiongkok

Kita harus melihat menyamakan kritik dengan rasisme adalah: omong kosong.

Kepekaan kita yang berlebihan terhadap rasisme berasal dari keinginan Kanada yang mengakar dalam melakukan yang benar oleh tetangga kita — terutama pada saat diskriminasi terhadap orang Asia-Kanada meningkat karena pandemi.

Tetapi kita tidak boleh lupa bahwa beberapa kritik paling tajam untuk Partai Komunis Tiongkok adalah imigran Tiongkok, mencakup para pendiri The Epoch Times.

Saya dapat memikirkan beberapa hal yang lebih rasis daripada mengasumsikan Tionghoa-Kanada harus mendukung rezim Tiongkok yang represif dan otoriter yang berkuasa di negara asal mereka. (vv)

Alex Ra Lee adalah Direktur Strategi dan Kebijakan di Alliance Canada Hong Kong (ACHK), sebuah kolektif yang memobilisasi dan memberdayakan Hong Kong-Kanada untuk mengambil tindakan politik. ACHK mendukung semua komunitas yang juga menderita akibat tirani Partai Komunis Tiongkok, dan mengundang warga Kanada untuk bergabung dalam kampanye online mereka.

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular