Li Jingrou – Sound of Hope

Saat ini, dari 193 negara anggota PBB, hanya 14 negara yang secara resmi menyatakan sebagai nol kasus infeksi virus corona. Dikarenakan laporan situasi epidemi terus diperbaharui di seluruh dunia, sehingga di antara 18 negara sebelumnya, yakni São Tomé and Príncipe, Sudan Selatan, dan Yaman yang dilanda perang, tidak segera dimasukkan dalam catatan kasus corona karena kondisi medis yang tidak dapat mengimbangi.  

Sementara itu, kasus pertama dilaporkan terjadi di Tajikistan pada 30 April 2020.  Jadi, hanya ada 14 yang diantara dari 18 negara yang dilaporkan sebelumnya. Namun demikian, jumlah ini mungkin hanya sementara. 

Berikut mari kita simak sejenak negara mana saja yang masih bebas corona :

Pertama, Kepulauan Komoro

Kepulauan Komoro terletak di Selat Mozambik di barat laut Madagaskar, sebelah barat Mozambik. Negara itu terdiri dari tiga pulau vulkanik Samudra Hindia yang jauh di luar Afrika Timur. Penduduk di sini awalnya sekelompok pedagang rempah-rempah. Sekarang total populasi adalah 866.592 jiwa. Pada awalnya, Komoro memutuskan akses ke Mayotte (wilayah Perancis) yang terpapar virus corona di dekatnya. Kemudian bergabung dengan salah satu negara di dunia yang mengisolasi Kepulauannya. Sehingga menjadi salah satu negara di Afrika dengan nol kasus epidemi sejauh ini.

Kedua. Kiribati

Republik Kiribati adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, yang terdiri dari tiga pulau utama: Kepulauan Gilbert, Kepulauan Phoenix dan Kepulauan Line. Kribati adalah satu-satunya negara di dunia yang mencakup belahan timur, barat, selatan, dan utara. Negara itu adalah salah satu negara termiskin di dunia. Kribati merdeka dari Inggris pada tahun 1979.

Karena lokasi yang sangat terpencil di negara itu, isolasi diri dan blokade penerbangan menjadikan negara itu sebagai salah satu dari sedikit negara yang masih bebas dari wabah virus corona.

Ketiga. Lesotho

Kerajaan Lesotho sepenuhnya dikelilingi oleh Republik Afrika Selatan dan merupakan negeri “terkurung” terbesar di dunia. Karena lokasinya di dataran tinggi, Lesotho juga dikenal sebagai negeri “Kerajaan langit”. Merdeka dari Inggris pada 4 Oktober 1966. Negara ini miskin secara ekonomi dan disiksa momok AIDS sepanjang tahun.

Meskipun semua penerbangan di Lesotho saat ini tidak berfungsi, namun demikian dilanda epidemi parah karena perbatasannya yang dekat dengan Afrika Selatan. Selain itu, karena perbatasan Lesotho baru ditutup pada 30 Maret, sehingga sangat pesimis berapa lama nol kasus epidemi negara itu dapat dipertahankan.

 Ke empat. Kepulauan Marshall

Republik Kepulauan Marshall adalah negara kepulauan yang terletak di Pasifik Utara. Negara yang paling terkenal adalah Atol Bikini-nya. Hampir semua penduduknya menganut keyakinan beragama. Sekitar tiga perempat warga negara itu bergabung dengan Gereja Kristus Bersatu. Pada tanggal 20 November 1998, Kepulauan Marshall berbalik mengakui Republik of China atau Taiwan. Negara itu memutuskan hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat Tiongkok atau Komunis Tiongkok pada bulan berikutnya. Marshall adalah salah satu dari 15 negara yang menjalin hubungan diplomatik dengan Republik of China-Taiwan. Saat ini, United Airlines telah menangguhkan transportasi di rute wilayah tersebut. Negara Republik Kepulauan itu juga telah mempertahankan rekor nol kasus virus corona.

Ke lima, Negara Federasi Mikronesia

Negara Federasi Mikronesia adalah negara kepulauan Pasifik barat yang terletak di Kepulauan Caroline. Pulau terbesar dan tertinggi juga terpadat adalah Pohnpei, dan Palikir adalah ibu kota Negara Federasi Mikronesia. Pohnpei memiliki banyak peninggalan prasejarah, sementara Laguna Chuuk adalah salah satu situs perang Dunia II yang populer. Puluhan kapal dan pesawat Jepang karam di dasar laut perairan ini  dan menjadi salah satu atraksi wisata bagi para penyelam.

Setelah United Airlines menangguhkan penerbangan antara Kepulauan Caroline dan Guam serta Honolulu pada 21 Maret, Negara Federasi Mikronesia akhirnya menjadi salah satu negara isolasi alami. Ada satu infeksi negatif pada pertengahan Maret 2020, hanya itu saja.

 Ke enam. Nauru

Ini adalah negara kepulauan yang terletak di kepulauan Mikronesia Samudra Pasifik Selatan. Luas wilayah 21,3 kilometer persegi, adalah negara kepulauan terkecil di dunia dan negara terkecil ketiga di dunia, di bawah Vatikan dan Monako. Populasi Nauru adalah sekitar 10.800 jiwa, peringkat keempat dari bawah di dunia. Penerbangan mereka ke Brisbane telah dikurangi menjadi dua minggu sekali. Semua penumpang yang ada di pesawat diharuskan melakukan isolasi diri selama 14 hari setelah mendarat di bandara negara kepulauan itu. Karena jalur penerbangan Nauru yang sangat jarang, kurang dari 200 wisatawan masuk dan keluar setiap tahun.  Jadi tidak mengherankan sekarang merupakan salah satu negara tanpa kasus epidemi.

 Ke tujuh, Korea Utara

Sejak Korea Utara menembak mati pasien kasus pertama corona di negara itu, tidaka ada  laporan kasus infeksi, sehingga menjadikan Korea Utara salah satu negara dengan nol kasus epidemi. Adapun Korea Utara juga merupakan negara pertama yang menutup arus lalu lintas atau perbatasan dengan Tiongkok sejak penyebaran virus itu. Karena media Korea Utara dikontrol ketat dengan sistem terpusat, sehingga jumlah kasus yang sebenarnya tentu saja tidak diketahui oleh dunia luar.

 Ke delapan. Palau

Republik Palau adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat. Pemandangan lautnya sangat indah. Pariwisata adalah tulang punggung perekonomian negara itu. Pendapatan nasional per kapita dua kali lipat dari Filipina dan sebagian besar negara-negara Mikronesia. Penduduk setempat sekitar 20.000, dan dua pertiga penduduknya memeluk agama Kristen. Saat ini, semua penerbangan lokal telah ditutup, dan hanya ada satu kasus negatif baru-baru ini.

 Ke sembilan. Samoa

Samoa adalah negara kepulauan Pasifik Selatan, terletak diantara Hawaii dan Selandia Baru, dengan populasi sekitar 200.000 jiwa. Pulau ini memiliki pemandangan alam yang unik, alami, dan memiliki banyak pantai yang eksotis. Saat ini, semua penerbangan di Bandara Samoa telah ditangguhkan sejak 24 Maret. Sedangkan transportasi laut juga telah berhenti beroperasi. Negara ini telah menyatakan keadaan darurat nasional dan telah menerima  US $ 5,1 juta atau sekitar Rp. 75.9 miliar dana bantuan dari Bank Dunia untuk memerangi epidemi.

 Ke sepuluh. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon adalah negara kepulauan Pasifik Selatan yang terletak di timur laut Australia, terdiri dari lebih dari 990 pulau, dengan total populasi sekitar 640.000 jiwa. Negara itu 96% penduduknya memeluk agama Kristen. Aneka terumbu karang di laut terumbu karang Honiara, ibu kota Kepulauan Solomon, memadukan keindahan Samudra Pasifik Selatan dan sangat menarik pandangan para penyelam internasional. Negara itu memberlakukan lockdown pada 30 Maret dan rute bandara ke Brisbane, Australia juga ditutup.

 Kesebelas. Kerajaan Tonga

Ini adalah negara kepulauan yang terletak di barat daya Samudra Pasifik dan terdiri dari lebih dari 170 pulau dengan populasi sekitar 105.000 jiwa. Tonga adalah penghasil tanaman kava yang umum ditemui pasifik selatan. Setiap ada festival atau perayaan besar, produk kava seperti anggur bersoda atau teh dapat ditemui di mana-mana. Pada 22 Maret, negara itu memberlakukan kontrol penutupan. Bandara Internasional Fua’amotu menangguhkan semua penerbangan yang masuk. Saat ini hanya ada 8 kasus negatif di negara ini.

Kava adalah sejenis tanaman, akarnya digunakan untuk membuat minuman yang dapat digunakan sebagai obat penenang, nyeri dan anestesi. 

 Kedua Belas, Turkmenistan

Turkmenistan adalah negara Asia Tengah terbesar kedua setelah Kazakhstan, terletak di utara Iran, dengan populasi sekitar 6 juta jiwa. Penduduk negara itu terutama menganut kepercayaan Islam, menduduki 89% dari total populasi Kazakhstan. Meskipun negara ini telah menutup perbatasannya, namun mengingat situasi epidemi di negara-negara tetangga dan kebebasan media yang terbatas di negara tersebut, kalangan luar tidak dapat memverifikasi secara rinci situasi epidemi negara itu.

 Ketiga Belas, Vanuatu

Republik Vanuatu atau Ripablik blong Vanuatu dalam bahasa Bislama merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di selatan Samudera Pasifik. Selain itu, negara ini juga terletak di sebelah timur dari negeri kanguru, Australia, selatan Kepulauan Solomon dan timur laut Kaledonia Baru. Republik Vanuatu terdiri dari 83 pulau dengan populasi sekitar 300.000. Kristen adalah kepercayaan utama negara itu. Meskipun negara itu telah menutup perbatasannya dan saat ini tidak ada data infeksi apa pun, namun, karena lokasi geografisnya, negara itu saat ini sedang berjuang menghadapi bencana alam lain: munculnya Badai Tropis Parah Pam, yakni topan tropis paling kuat kedua di Samudra Pasifik selatan dalam hal angin yang berkelanjutan. Topan itu dianggap sebagai salah satu bencana alam terburuk dalam sejarah Vanuatu.

 Keempat Belas, Tuvalu

Tuvalu, negara anggota khusus Negara Persemakmuran, terletak di Pasifik Selatan. Tuvalu merupakan negara kepulauan yang terdiri dari sembilan pulau karang bundar, memiliki wilayah yang kecil dan merupakan wilayah keempat dari bawah di antara negara-negara berdaulat di dunia, hanya lebih besar dari Nauru, Monako, dan Vatikan. Selain itu, karena letak geografisnya yang terpencil dan kurangnya sumber alam wisata, sehingga menjadikannya sebagai salah satu negara termiskin di dunia dan paling sedikit dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia.

Negara ini memiliki populasi sekitar 11.000 jiwa. Hampir tidak memiliki sumber daya alam. Pendapatan utama berasal dari bantuan asing. Meskipun Tuvalu telah menutup rute perbatasan sebagai tanggapan terhadap situasi di dunia, namun bencana utama saat ini adalah naiknya permukaan laut. Penduduk setempat menghadapi risiko mengungsi dari pulau itu. (jon/asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular