Ntdtv, oleh Bi Xinci dan Zhang Qi

Dalam percakapan lewat sambungan telepon, perwakilan dari Amerika Serikat Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan  Amerika Serikat Steven Mnuchin  dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He bertukar pikiran soal situasi terbaru epidemi dan dampak terhadap ekonomi kedua negara.

Meskipun menghadapi krisis kesehatan global, kedua belah pihak masih berharap untuk secepatnya memenuhi kewajiban mereka sesuai dengan waktu yang sudah tertuang dalam perjanjian. Kedua negara juga berharap dalam menciptakan infrastruktur yang diperlukan pemerintah dapat memperoleh keberhasilan.

Pertemuan yang ditetapkan dalam perjanjian akan diadakan secara teratur melalui konferensi telepon.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada hari Rabu 6 Mei 2020 bahwa perkembangan pelaksanaan yang dibuat dalam perjanjian tahap pertama akan dipublikasikan dalam satu atau dua minggu ke depan .

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC pada hari Kamis 7 Mei 2020 bahwa dirinya bersikap terbuka untuk negosiasi perdagangan dengan Tiongkok di masa mendatang.

Ia memperingatkan bahwa jika pihak Tiongkok memilih metode perdagangan selama 25 tahun terakhir, Amerika Serikat akan dengan tegas menolak.

Pada hari Jumat 8 Mei 2020, hasil pembicaraan perwakilan perdagangan dari Amerika Serikat dengan Tiongkok telah mendorong kenaikan harga pasar saham Asia.

Indeks rata-rata Nikkei dibuka dengan naik 1,51%.

Indeks Hang Seng Hongkong naik 0,67%.

Shanghai Composite Index juga naik 0,3%.

sin/rp 

Video Rekomendasi

Share

Video Popular