- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Bantu Ekonomi Petani, Trump Akan Membeli Produk Daging dan Susu Sapi Senilai USD. 3 Miliar Mulai Pekan Depan 

Epochtimes, oleh Cheng Hang

Demi meringankan  beban ekonomi para petani akibat wabah virus  komunis Tiongkok, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menyatakan pemerintah Amerika Serikat akan membeli produk daging dan susu sapi senilai total USD. 3 miliar dari peternak pertanian mulai minggu depan. 

Melalui tweetnya, Trump menyebutkan,”Mulai awal minggu depan, sesuai instruksi Trump, pemerintah Amerika Serikat akan membeli produk daging dan susu sapi dan makanan lain senilai USD. 3 miliar dari peternak pertanian. Ini adalah kabar baik untuk semua orang!”

Sejak wabah virus komunis Tiongkok menyebar luas di Amerika Serikat pada bulan Februari 2020 lalu, sebagian besar negara bagian mulai bulan Maret telah menerapkan semacam pembatasan sosial berskala besar yang menyebabkan penutupan komersial. Warga dilarang keluar rumah, dan rantai pasokan makanan terpengaruh. Banyak petani dipaksa untuk menghancurkan produk yang mudah rusak seperti tanaman dan susu yang tidak dapat dijual pada waktunya.

Selama pembatasan sosial itu, harga dan permintaan produk pertanian Amerika Serikat turun tajam dan biji-bijian serta banyak produk pertanian dibiarkan berada di pertanian alias tidak dipanen dan tidak dapat dijual sebagaimana biasanya.

Menurut laporan CNBC yang mengutip perkiraan dari American Dairy Producers Association atau Asosiasi Produsen Susu Amerika  bahwa akibat penurunan penjualan yang mendadak, peternak sapi perah Amerika terpaksa menjual produk dengan bertahan di harga standar. Dampaknya mereka membuang dan memusnahkan 3,7 juta galon susu setiap harinya.

Karena kurangnya tenaga kerja akibat pembatasan sosial, pengolah produk daging ayam, bebek terpaksa menyutik mati sejumlah besar unggas peliharaan mereka.

Baru-baru ini, Trump mengumumkan Program Bantuan Makanan kepada warga akibat merajalelanya pneumonia komunis Tiongkok senilai USD. 19 miliar. Selain memberikan bantuan ekonomi kepada peternak dan petani senilai USD. 16 miliar, pemerintah Amerika Serikat juga akan membeli produk pertanian segar, produk susu dan daging sebesar USD. 3 miliar untuk kemudian dikirim ke bank makanan atau food banks.

sin/rp 

Video Rekomendasi