Ntdtv- Setelah 20 hari menghilang dari publik, media resmi Korea Utara mengumumkan kemunculan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada peresmian pabrik pupuk Sunchon Phosphatic di sebelah utara Pyongyang. 

Kehadiran Kim Jong-un yang tiba-tiba itu memicu spekulasi kalangan luar tentang sosok penggantinya. 

Baru-baru ini, media Inggris menerbitkan foto dugaan percakapan Kim Jong-un dengan peran penggantinya, keduanya nyaris sama, dan menjadi pembicaraan hangat antar netizens.

Menurut laporan media Inggris “The Sun” pada tanggal 6 April lalu, setelah Korea Utara secara resmi merilis foto-foto Kim Jong-un menghadiri acara peresmian pabrik tersebut, banyak yang mengatakan itu bukan sosok Kim Jong-un yang sebenarnya. Belakangan bahkan membandingkan foto-foto Kim Jong-un sebelumnya dengan foto kemunculannya baru-baru ini di pabrik pupuk itu. Publik banyak menyimpulkan bahwa Kim Jong-un yang muncul di pabrik pupuk Sunchon itu adalah sosok pengganti Kim, sementara Kim Jong-un yang asli mungkin dalam keadaan sekarat.

Laporan itu mengatakan bahwa selama pemeriksaan uji coba rudal, Kim Jong-un diduga berbicara dengan sosok penggantinya. Laporan tersebut memposting gambar yang menunjukkan bahwa pipi, model rambut dan bentuk badan keduanya sangat mirip. Selain itu juga mengenakan jas hitam dan sepatu kulit yang sama.

Sudah jadi rahasia umum kalau Kim Jong Un memiliki sosok kembaran untuk melindungi dirinya. Kim selalu membawa kembarannya atau sosok pengganti untuk menghindari pembunuhan atas dirinya.

“Pada saat kemunculannya, ada yang membandingkan foto-foto lama dan baru Kim dan mendapati sosok orang itu tidak seperti Kim yang sebenarnya.”

Keterangan gambar : Perbandingan foto lama dan baru Kim Jong-un.

Setelah Kim Jong-un menghadiri pertemuan Politbiro di Pyongyang pada 11 April, secara tak terduga, Kim tidak tampak saat Korea Utara melakukan uji coba rudal pada 14 April. Pada tanggal 15 April keesokannya, Kim Jong-un lagi-lagi absen pada acara penting Korea Utara untuk memperingati “Hari Matahari” atau hari lahir Presiden Abadi Kim Il Sung, kakek Presiden Kim Jong Un. Setelah itu, tersebar luas kabar tentang Kim yang koma, sekarat, dan mati otak setelah operasi yang gagal.

Hingga 1 Mei 2020, media resmi Korea Utara melaporkan bahwa Kim Jong Un  menghadiri  upacara peresmian pabrik Pupuk Sunchon di sebelah utara Pyongyang. Namun, tidak ada cuplikan langsung di lapangan yang diterbitkan dalam laporan itu. Foto dan video terkait diumumkan pada keesokan harinya.

Kalangan luar mendapati Kim Jong-un yang muncul kali ini tampaknya lebih gemuk dan agak terseok saat berjalan, tetapi tidak tampak tanda-tanda pulih dari penyakit serius. Hal itu memicu diskusi di antara para netizen tentang  sosok pengganti.

Legislator Partai Progresif Demokrasi Taiwan Wang Dingyu mengatakan di akun Facebooknya, bahwa dalam acara peresmian pabrik yang dihadiri Kim Jong-un, dimana untuk membuktikan bahwa itu adalah foto terbaru Kim Jong-un, jadi latar belakangnya sengaja dicetak pada 1 Mei 2020 dengan ukuran besar. Namun ia merasa janggal dengan ekspresi dan gaya Kim Jong-un.

Wang Dingyu membandingkan foto lama dan baru Kim Jong-un, dan menyebut adanya perbedaan pada gigi, bibir atas, tahi lalat di hidung, telinga, juga senyum tawa dan ekspresinya. Keriput, garis rambut, dan telinga Kim, mengindikasikan kemungkinan Kim Jong-un yang muncul di pabrik pupuk bukanlah Kim yang sebenarnya. 

Wang Dingyu bertanya pada netizen, “Menurut Anda apakah itu sosok orang yang sama?”

(Tangkapan layar internet)
(Tangkapan layar internet)

Ada juga netizen yang melampirkan grafik analisis komputer: Tingkat kesamaan hanya 66%, hanya bisa dikatakan relatif mirip, tetapi bisa dipastikan bukan orang yang sama.

Netizen lainnya mengatakan: “Kim Jong-un yang baru muncul ini kemungkinan besar produk palsu. Foto terakhir adalah hasil editan setelah saya verifikasi dengan perangkat lunak profesional photoshop.” 

Sebelumnya, dikabarkan bahwa untuk menghindari upaya pembunuhan atas dirinya, setidaknya ada tiga  sosok pengganti Kim Jong-un. Ketiga sosok pengganti itu dapat dibedakan dari bentuk gigi, telinga, dan alisnya. 

Keterangan foto: Kim Jong-un tiba-tiba muncul pada Jum’at 1 Mei 2020, memicu orang-orang membicarakan tentang kembarannya/sosok pengganti. (Chung Sung-Jun / Getty Images)

Baku Tembak Militer Korea Utara – Korea Selatan di Perbatasan DMZ

Tak lama setelah kemunculan Kim Jong-un pada 3 Mei 2020 itu, Korea Utara dan Korea Selatan saling baku tembak.  Korea Utara memprovokasi dengan melepaskan lebih dari 10 tembakan di Guard Post (GP) – zona demiliterisasi Korea Selatan. Korea Selatan juga menembakkan 10 tembakan setelah menembakkan dua tembakan peringatan.

Menurut analisis dari sepenggal video yang dirilis We Media “yjpc” di YouTube, Korea Utara yang selalu lebih dulu menyerang Korea Selatan sudah tidak pernah terjadi selama bertahun-tahun. Biasanya, Korea Selatan hanya memperingatkan ketika menghadapi provokasi yang mengancam, dan tidak akan menyerang balik, tetapi kali ini balas menembak, mengindikasikan kedua belah pihak dalam hubungan yang tegang.

Selain itu, analis juga mempertanyakan “Mengapa konfrontasi senjata Korea Selatan terjadi setelah Kim Jong-un muncul?” Dan banyak yang berspekulasi bahwa Kim Jong-un yang baru muncul itu diduga kembarannya. Baru muncul secara tiba-tiba setelah dua puluh hari menghilang itu saja sudah menunjukkan keganjilan, apalagi latar belakang dalam upacara pemotongan pita pada hari itu sengaja ditulis 1 Mei 2020 dengan ukuran besar, bukankah itu ingin mengalihkan isu tertentu?”

Menurut We Media yjpc, sulit untuk mengetahui secara aktual apakah itu sosok pengganti Kim Wang Dingyu atau bukan. Akan tetapi ditilik dari Korea Utara yang lebih dulu melepaskan tembakan ke Korea Selatan, hampir bisa dipastikan itu adalah sosok pengganti Kim Jong-un untuk menutupi masalah internal melalui “tembakan” sebagai bentuk pengalihan isu. 

Johny / rp 

Video Rekomendasi

Share

Video Popular