Epochtimes, oleh Zhang Yujie

Pada 10 Mei 2020 lalu, kebakaran terjadi di depot minyak di jalur kereta api di Shijiazhuang, Provinsi Hebei. Dari video, tampak terlihat api menjulang ke langit, asap hitam membubung ke langit. Meskipun ada beberapa petugas pemadam kebakaran di lokasi, tetapi tampaknya tidak bisa berbuat banyak.

Sebelumnya, ada tiga kebakaran dilaporkan dalam satu hari pada 8 Mei 2020. Pada pagi hari ketika itu, sebuah mobil listrik yang sedang melaju di Kota Changsha, Provinsi Hunan, tiba-tiba mengepulkan asap pada kompartemen mesin, kemudian terbakar. Model atau merk mobil adalah “ideal ONE” yang baru diserahkan pada Desember tahun lalu.

Dari foto-foto di tempat kejadian, dapat disaksikan asap tebal dan api yang berkobar dari depan mobil. Namun, kendaraan itu nyaris hancur tak berbentuk setelah api berhasil dipadamkan.

Keterangan foto: Pada 8 Mei, sebuah mobil listrik di Changsha, Hunan tiba-tiba mengepulkan asap dan terbakar. (Tangkapan layar Weibo)

Pada sore waktu setempat, kebakaran terjadi di sebuah bangunan pabrik di sebelah timur Qi Changcheng Road dan Hai-er Avenue di Zona Pengembangan Qingdao, Provinsi Shandong.

Keterangan foto:: Kebakaran terjadi di sebuah bangunan pabrik di sebelah timur Qi Changcheng Road dan Hai-er Avenue di Zona Pengembangan Qingdao, Provinsi Shandong. (Tangkapan layar Twitter)

Pada hari yang sama, sebuah mobil listrik yang sedang mengisi daya tiba-tiba terbakar di daerah Tangxia, Dongguan, provinsi Guangdong, dan api menyebar ke kendaraan di sebelahnya.

Pada sore 8 Mei, sebuah mobil listrik di Tangxia, Dongguan, Guangdong tiba-tiba terbakar saat mengisi daya di pos pengisian. Masih berani beli mobil listrik?

Insiden yang sama juga terjadi di stasiun pengisian daya di Tangwei, Shenzhen pada pagi 28 April. Sebuah kendaraan energi baru terbakar dan meledak, menyebabkan 5 kendaraan energi baru rusak dengan tingkat yang berbeda  dan 4 tiang pengisian daya terbakar.

Selama lima hari dari 30 April hingga 4 Mei, setidaknya terjadi 11 insiden kebakaran tiba-tiba di Hangzhou. Di antara pada 4 Mei, sebuah mobil energi baru hanya tersisa kerangka setelah terbakar. Pemilik mobil mengatakan mobil itu dibeli pada akhir tahun 2019 dan tiba-tiba mengepulkan asap saat melaju di jalan.

Pada hari yang sama 4 Mei, kebakaran tiba-tiba terjadi di gedung-gedung dan hutan di berbagai daerah.

Keterangan foto: Pada 4 Mei, sebuah bangunan dekat Kota Komersial Guiping, provinsi Guangxi terbakar. (Tangkapan layar Twitter)
Keterangan foto: Pada siang hari 4 Mei, kebakaran terjadi di prefektur Liaobu, Dongguan, provinsi Guangdong. (tangkapan layar Twitter)

Pada awal Mei, sebuah pohon berumur satu abad tiba-tiba terbakar di Kota Yingtan, Provinsi Jiangxi, menarik kerumunan massa. Sebuah pohon di pinggir jalan di Kota Yulin, Shaanxi tiba-tiba terbakar, kemudian gempa berkekuatan 2,6 terjadi di Kabupaten Fugu, Kota Yulin pada 8 Mei.

Pada 30 April sekitar jam 5 pagi waktu setempat, di 1586 KM Jalan Tol G22 Qinglan, sebuah mobil van berat tiba-tiba terbakar, sebagian besar paket ekspres di dalamnya terbakar.

Pada 28 April, kebakaran hutan terjadi di Kota Qiandong, Kabupaten Raoping, Guangdong. Laporan dari pemda setempat mengatakan penyebabnya adalah sebuah truk yang terbakar ketika sedang melaju di jalan raya dan tertiup angin kencang, sehingga kobaran api menyebar dari kaki Gunung Yanshan.

Keterangan foto: Pada 28 April, kebakaran hutan terjadi di Kota Qiandong, Kabupaten Raoping, Guangdong. (Tangkapan layar video)

Kebakaran yang sering terjadi di daratan Tiongkok seketika menarik perhatian masyarakat, beberapa netizen mempertanyakan, “Mengapa tiba-tiba begitu banyak kebakaran ?” “Aneh”!

Johny /rp

Video Rekomendasi

Share

Video Popular