Erabaru.net. Media Tiongkok baru-baru ini melaporkan kasus aneh seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun yang diduga mengembangkan jamur hitam di saluran telinganya karena mengenakan earbud untuk jangka waktu yang lama.

Anda akan berpikir bahwa tubuh manusia memiliki beberapa cara untuk mencegah jamur berkembang, bahkan dalam lubang yang gelap dan tersembunyi seperti saluran telinga, tetapi ternyata dengan kondisi yang tepat infeksi jamur dapat terjadi di telinga kita.

Dokter di Rumah Sakit Wanita dan Anak Shunyi di Beijing baru-baru ini melaporkan kasus seorang anak laki-laki yang datang dengan ibunya mengeluh sakit telinga dan sensasi seperti tersumbat. Setelah diperiksa, ia didiagnosis menderita mikosis saluran telinga, atau secara sederhana – jamur di saluran telinga.

Ilustrasi. (Foto: snsforyou / Pixabay)

Penyebab mikosis saluran telinga dapat bervariasi, tetapi dalam kasus khusus ini ditetapkan bahwa infeksi disebabkan oleh banyak faktor. Bocah berusia 10 tahun itu punya kebiasaan mengorek telinganya, dan secara rutin merusak jaringan sensitif di sana.

Karena ia juga menggunakan headphone untuk jangka waktu yang lama, ia akan menghalangi ventilasi alami saluran telinga, dan kelembapan memungkinkan jamur berkembang.

Wu Yuhua, dari Departemen Bedah Otolaringologi Kepala dan Leher di Rumah Sakit Wanita dan Anak Shunyi, mengatakan bahwa peningkatan kelembaban dan suhu yang meningkat adalah efek samping dari pemakaian headphone terlalu lama, dan memberikan kondisi yang baik untuk pertumbuhan jamur. Namun, mikosis itu tidak sedikit disebabkan oleh kebiasaan mengorek telinga, yang menyebabkan kerusakan mukosa lokal.

(Foto: ETtoday)

Bocah 10 tahun itu sedang menjalani perawatan dan harus pulih sepenuhnya dalam hitungan minggu. Namun, dokter memperingatkan bahwa jika tidak diobati, infeksi jamur semacam itu dapat menyebabkan berbagai masalah yang berujung pada gangguan pendengaran.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular