oleh Qiao An

Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali  menyampaikan rasa ketidakpuasannya terhadap komunis Tiongkok. Pasalnya, pemerintahan itu menyembunyikan fakta epidemi yang terjadi di daratan Tiongkok. Hal demikian disampaikannya dalam sebuah progam wawancara TV pada 14 Mei 2020. Pada kesempatan itu, untuk pertama kalinya Trump mengutarakan pemutusan hubungan diplomatik dengan Tiongkok jika perlu yang mungkin menjadi salah satu opsi. 

Soal Epidemi, Trump mengatakan : “Sebenarnya dapat dibendung penyebarannya, dan  seharusnya diatasi. Tetapi ketika kita menawarkan bantuan di masa lalu, mereka mengatakan tidak, mereka menolak bantuan kita. Saya pikir ya sudahlah tidak apa-apa, mereka pasti tahu apa yang mereka lakukan. Oleh karena itu, dikatakan apakah karena mereka bodoh atau tidak kompeten, atau memang sengaja melakukannya.”

Ketika epidemi di AS berkembang semakin serius, komunis Tiongkok berusaha untuk membujuk kita mengulangi lagi negosiasi perdagangan AS – Tiongkok dan menggunakan peretas untuk mencuri hasil penelitian vaksin AS. Banyak praktik buruk yang mereka lakukan membuat Trump berpikir untuk memutuskan hubungan diplomatik AS – Tiongkok.

Trump berkata : “Kita memiliki banyak cara. Kita dapat memutuskan semua hubungan . Apa yang akan terjadi jika kita melakukannya, kita dapat menghemat 500 miliar dolar AS.”

Trump dalam cuitannya pada hari Rabu menyebutkan : Terlalu mahal untuk berurusan dengan Partai Komunis Tiongkok jika dibandingkan dengan banyaknya nyawa tak berdosa yang melayang. 100 perjanjian perdagangan juga tak mampu menebus kehilangan yang telah terjadi. Pernyataan ini menyiratkan bahwa perjanjian perdagangan AS – Tiongkok tidak lagi menjadi pertimbangan utama bagi Trump untuk berurusan dengan negara komunis itu.

Pada saat yang sama, administrasi Trump juga akan mengambil tindakan terhadap organisasi internasional seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang telah diinfiltrasi oleh komunis Tiongkok.

Presiden Trump mengatakan : “Organisasi Perdagangan Dunia sangat buruk dan memperlakukan kita dengan sangat buruk. Sudah lama saya katakan, dan saya sudah mulai bertindak. Di saat saya katakan, saya sudah mengambil tindakan.”

Pemerintahan Trump telah mengumumkan penangguhan semua dana untuk Organisasi Kesehatan Dunia -WHO-yang telah membantu komunis Tiongkok menutupi situasi sebenarnya tentang epidemi, sehingga berkembang menjadi pandemi global. (Sin/asr) 

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular