oleh  Zhang Ting

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pihaknya memiliki banyak informasi buruk terkait Laboratorium Virus Wuhan. Hal demikian disampaikannya saat diwawancari oleh TV AS Fox News dalam program “Sunday Morning Futures” beberapa waktu lalu.  Video itu diunggah di Chanel Youtube Fox News pada 18 Mei 2020. 

Trump mengatakan bahwa apakah orang mengatakan virus itu berasal dari laboratorium atau kelelawar, Trump mengatakan virus itu “berasal dari Tiongkok.” 

Trump berkata : “Mereka harus menghentikannya, mereka dapat menghentikannya di tempat asal.” Apa yang disampaikan Trump menunjuk kepada pemerintahan Komunis Tiongkok terkait penyebaran virus. 

Dalam sebuah wawancara, Trump mengutuk Komunis Tiongkok karena mengizinkan warga negaranya melakukan perjalanan ke luar negeri selama parahnya epidemi sehingga menyebabkan virus menyebar luas. Akan tetapi menutup perbatasan Tiongkok dan melarang orang asing masuk.

Trump berkata : “Satu hal yang bisa saya pastikan adalah bahwa mereka tidak mengizinkan orang untuk melakukan perjalanan ke Tiongkok, tetapi mereka memungkinkan orang untuk melakukan perjalanan dari Tiongkok ke seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat. Itulah sebabnya keadaan Eropa demikian buruk (dirujuk ke epidemi), lihat negara-negara ini Rusia menghadapi masa sulit, dan setiap negara menghadapi masa sulit.”

Pembawa acara dalam wawancara itu, Maria Bartiromo, bertanya bahwa Komunis Tiongkok meremehkan penyakit dan virusnya. Pada saat yang sama, mereka mengizinkan perjalanan internasional. Lima juta orang meninggalkan Wuhan, dan ada yang pergi ke Italia dan Amerika Serikat.

Trump menjawab bahwa yang penting adalah, “Mereka seharusnya tidak pernah membiarkan ini terjadi. Saya telah mencapai kesepakatan perdagangan yang hebat, tetapi sekarang saya mengatakan bahwa itu terasa berbeda bagi saya.”

Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak akan menegosiasikan kembali kesepakatan 250 miliar dolar AS yang telah disepakati dengan Tiongkok. 

Ketika ditanya apakah dia telah berbicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Trump mengatakan dia memiliki hubungan yang baik dengan Xi, “tetapi saat ini, ia tidak ingin berbicara dengan Xi Jinping. 

Trump sekali lagi memperingatkan bahwa jika Amerika Serikat sepenuhnya memutuskan hubungan dengan Beijing, Amerika Serikat “maka akan menghemat 500 miliar dolar AS.”

Trump juga mengatakan kepada wartawan pada 15 Mei bahwa ia kehilangan minat pada perjanjian perdagangan AS-Tiongkok. 

Juru bicara Gedung Putih Kayleigh Mcenany menjelaskan bahwa ini karena Trump frustasi dengan cara Beijing menangani epidemi.

Mcenany melanjutkan dengan mengatakan bahwa Tiongkok telah menunda mengungkap  virus dapat menyebabkan transmisi dari manusia ke manusia. Dunia tahu bahwa fitur virus ini memang penting, tetapi seluruh Organisasi Kesehatan Dunia juga terlambat untuk merilis informasi. Ia mengatakan semuanyai tetap berada dalam ketidaktahuan hingga seorang profesor di Shanghai mengungkapkan tentang gen virus itu. (hui/asr)

Video Rekomendasi :

 

Share

Video Popular