Erabaru.net. Seorang wanita tua Wales yang sekarang tinggal di Amerika Serikat telah berbicara dalam bahasa Wales untuk pertama kalinya dalam 40 tahun setelah permohonan di media sosial.

Ray McDermott, 96, yang berasal dari Carmarthenshire, Weles, tetapi telah tinggal di AS selama 70 tahun, khawatir dia tidak akan pernah berbicara lagi bahasa ibu.

(Foto: Keluarga/BBC)

Namun Ray, dari Ohio, kini telah dapat berkomunuikasi dengan bahasa Welsh setelah putranya, Keith, meminta bantuan online.

“Itu benar-benar membawa air mata ke mataku,” kata wanita tua itu.

Ray menghabiskan masa kecilnya di Llandeilo, di Carmarthenshire, Haverfordwest di Pembrokeshire, dan Aberystwyth di Ceredigion, Wales, sebelum menikah dengan seorang tentara Amerika, Jim McDermott, ketika dia berusia 18 tahun dan kemudian berlayar untuk menjalani kehidupan baru di AS.

Ibu dua anak ini tidak berbicara bahasa Wales sejak ibunya meninggal hampir empat dekade lalu dan baru-baru ini memberi tahu putranya: “Saya rasa saya tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk berbicara bahasa Wales lagi.”

(Foto: Keluarga/BBC)

Keith, 70 tahun, yang tinggal di New York City, mengatakan dia putus asa untuk membantu ibunya berbicara bahasa ibunya saat dia mulai menderita kehilangan ingatan jangka pendek.

“Pandemi itu membuat kesepian terbesar pada orang-orang. Ibuku merasakan kesepian itu,” katanya. “Ketika ingatan jangka pendeknya memburuk, ingatan jangka panjangnya menjadi fokus. Ketika kita masuk ke diskusi tentang masa lalu dan Wales, ingatannya benar-benar tajam dan dia sangat ingin berbicara bahasa Wales.”

Jadi dia menaruh pesan di Facebook untuk meminta bantuan untuk ibunya yang “sangat keren, sangat ramah” dan, dalam 30 menit, dia dibanjiri dengan tanggapan.

Dia mengatakan dia “tersentuh” ​​dan “sedikit kewalahan”.

“Dia terkejut, karena dia tidak memiliki komputer, seluruh dunia internet mengejutkannya,” tambahnya.

“Saya membacakan setiap komentar kepadanya dan dia sangat responsif ketika orang memasukkan bagian Wales yang mana.”

(Foto: Keluarga/BBC)

Keith melangkah lebih jauh, meminta Melisa Annis – seorang sutradara dan penulis naskah yang berasal dari Cardiff tetapi tinggal di New York – untuk menelepon Ray.

“Saya melihat jabatan Keith dan berpikir ‘itu sesuatu yang mudah bagi saya untuk dilakukan’,” katanya.

Ray berkata, senang berbicara dengan seseorang yang pernah mengunjungi tempat yang sama dengannya ketika dia masih kecil dan berbicara bahasa Wales lagi adalah momen yang sangat istimewa.

Kata-kata pertamanya adalah: “Aku biasa berbicara dalam bahasa Wales dengan ibuku.”

Dia mengatakan kepada BBC Wales: “Ibuku adalah orang terakhir yang berbicara bahasa Wales kepadaku dan dia sudah meninggal 40 tahun jadi itu sudah lama. Kupikir aku tidak akan bisa berbicara bahasa Wales lagi.Itu benar-benar membuatku meneteskan air mata. Aku tidak terlalu sering menangis. Itu indah, sungguh.”

Keith berharap untuk membuat lebih banyak percakapan telepon dengan bahas Wales untuk Ray dan Melisa telah berjanji untuk mengirimi Ray beberapa cerita pendek di Wales untuk mengingatkannya tentang kehidupannya di Wales.(yn)

Sumber: BBC

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular