Epochtimes.com- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan Tiongkok   bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Tiongkok telah melukai dunia dengan sangat, sangat serius. Tiongkok juga telah melukai diri mereka sendiri.  Tiongkok telah melukai dunia dengan sangat, sangat serius. Mereka harus bertanggung jawab.

Pemerintah Amerika Serikat telah mempertimbangkan berbagai cara karena Komunis Tiongkok menyembunyikan informasi tentang pandemi, menghukum Komunis Tiongkok atau mencari kompensasi ekonomi dari pihak Tiongkok.

Trump mengatakan bahwa pada saat kesuksesan besar ekonomi Amerika Serikat, sebuah virus dari Tiongkok pecah.

Trump menambahkan bahwa virus menyebar ke Eropa, juga di  Amerika Serikat. Seluruh dunia terinfeksi dengan hal yang mengerikan virus yang Komunis Tiongkok lepaskan dengan satu atau lain cara. 

Trump tidak puas dengan perkembangan pandemi ini, terutama karena “sebenarnya ini sepenuhnya dapat dicegah.

Menurut data dari Johns Hopkins COVID-19 Information Center, pada 18 Mei, lebih dari 1,5 juta orang Amerika telah terinfeksi virus Komunis Tiongkok, dan lebih dari 90.200 orang telah meninggal.

Secara global, ada lebih dari 4,7 juta kasus terinfeksi dan lebih dari 317.600 kasus kematian. Data tidak termasuk jumlah kasus dan kematian yang disembunyikan oleh Komunis Tiongkok dan Iran.

“Mereka tahu bahwa segala sesuatu sedang terjadi. Kami ingin pergi ke Tiongkok. Yang lain juga ingin pergi. Mereka tidak akan membiarkan dunia tahu kebenaran tentang epidemi, mereka tidak akan membiarkan negara lain masuk Tiongkok,” kata  Trump terus mengkritik Komunis Tiongkok.

Menurut Trump untuk bersikap adil, Organisasi Kesehatan Dunia – WHO juga berharap untuk memasuki Tiongkok. Mereka juga tidak mengizinkan WHO untuk masuk. 

“Kami adalah bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia. Komunis Tiongkok tidak akan membiarkan WHO masuk,” kata Trump. 

Trump menilai, sebenarnya Komunis Tiongkok dapat menghentikan virus dari sumbernya, tetapi Tiongkok memilih untuk tidak melakukannya. Namun, mereka mencegah WHO atau orang-orang dari berbagai negara, memasuki Wuhan dan negara bagian lain dari Tiongkok,” kata Trump.

Komunis Tiongkok tidak mengizinkan orang lain untuk memasuki Tiongkok, tetapi mengizinkan Wuhan dan orang Tiongkok lainnya memasuki Eropa dan bagian lain dari dunia. Trump sendiri mengeluarkan larangan perjalanan ke Tiongkok. 

Dalam beberapa hari terakhir, Trump terus menyatakan ketidakpuasannya dengan Beijing. Pada 13 Mei, Trump di twitternya mengatakan: “Saya sudah mengatakan sejak lama bahwa berurusan dengan Tiongkok  adalah masalah yang sangat mahal. Kami baru saja mencapai kesepakatan perdagangan besar. Tinta masih belum kering, dunia telah diserang oleh wabah dari Tiongkok. 100 perjanjian dagang tidak bisa menebus kehilangan, semua nyawa tak berdosa ini! “

Untuk pertama kalinya di Gedung Putih pada 30 April, Komunis Tiongkok menyembunyikan epidemi sangat mengubah pandangannya tentang Xi Jinping. 

Pada 14 Mei, Trump berbicara tentang Xi Jinping lagi dan mengatakan bahwa ia memiliki hubungan yang baik dengan Xi Jinping. 

“Tapi sekarang, saya tidak ingin berbicara dengannya. Saya tidak ingin berbicara dengannya,” kata Trump.

hui/rp

Video Rekomendasi

Share

Video Popular