NTD Asia Pasifik

Forum Kesehatan Dunia  atau World Health Assembly (WHA) ke-73 mengadakan konferensi video  pada Senin (18/5/2020). Menurut  berita, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)awalnya mengundang Presiden AS Trump untuk menghadiri pidato tersebut, tetapi ditolak.

Trump mengonfirmasi hal ini dan menuduh WHO gagal memenuhi tanggung jawabnya beberapa waktu lalu dan menjadi boneka Komunis Tiongkok.

Saat menggelar konfrensi pers, Presiden Trump berkata : “Hari ini saya memilih untuk tidak memberikan pidato. Saya akan menemukan kesempatan untuk berbicara dengan WHO di masa depan, tetapi hari ini saya menolak. Saya sangat kecewa atas kinerja mereka beberapa waktu yang lalu. Saya menegaskan kembali, Amerika Serikat telah memberikan US $ 450 juta kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sementara Tiongkok hanya memberikan US $ 38 juta per tahun, tetapi mereka seperti boneka Komunis Tiongkok.”

Trump melanjukan : “Sementara kami menyediakan dana untuk WHO, seperti negara lain, WHO telah memberi kami Nasihat buruk, nasihat yang sangat buruk. Mereka melakukan banyak kesalahan. Mereka hanya berdiri di sisi Komunis Tiongkok.”

Pada kesempatan itu Presiden AS ke-45 itu juga berkata : “Tiongkok tahun lalu menyumbang 40 juta dolar AS, dan kami memberi 450 juta dolar AS setiap tahun. Selama bertahun-tahun, WHO belum dapat melakukan pekerjaan dengan baik.  jadi saya mempertimbangkan untuk mengurangi USD.450 juta menjadi USD.40 juta . Beberapa orang berpikir itu sudah terlalu banyak. “

Trump mengutuk WHO karena terlalu mendekati Komunis Tiongkok dan memberikan banyak saran buruk. Pasalnya, mendapat perlakuan jangka panjang yang tidak adil dari WHO, Trump yang awalnya mengumumkan penghentian dana bantuan, juga menegaskan bahwa ia akan tetap mempertimbangkan untuk memberikan sebagian bantuan keuangan. (hui/asr)

Video Rekomendasi :

 

Share

Video Popular