Ntdtv.com- Menurut laporan media Israel, Du Wei yang berusia 58 tahun ditemukan tewas pada 17 Mei 2020 di kediaman resmi Herzliya di Tel Aviv, Iran. Pada saat itu, kurang dari 2 bulan ia menjabat sebagai duta besar  Komunis Tiongkok untuk Israel. Sebelumnya, Du Wei menjabat sebagai duta besar Tiongkok untuk Ukraina dari tahun 2016 hingga tahun 2019. Ketika Du Wei  meninggal, baik istrinya maupun putranya tidak ada di Israel.

Saat ini, Kementerian Luar Negeri Israel telah mengkonfirmasi kematian Du Wei, tetapi pejabat  Komunis Tiongkok belum mengumumkan kematiannya secara terbuka.

Media setempat mengutip staf medis yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa tubuh Du Wei  tidak menunjukkan luka dan tidak ada tanda-tanda kekerasan di ruangan itu. Du Wei tampak seperti meninggal mendadak dalam tidurnya.

Itu bertepatan dengan pneumonia virus Komunis Tiongkok dalam pandemi global, dunia luar berspekulasi bahwa kematiannya yang aneh mungkin terkait dengan infeksi virus  Komunis Tiongkok.

Menurut informasi publik, Du Wei telah menjadi duta besar Tiongkok untuk Israel sejak Februari tahun ini. Setelah tiba di Israel pada pertengahan Februari lalu, Du Wei dikenai isolasi di rumah selama dua minggu. 

Baru pada 3 Maret 2020 surat pengangkatan secara resmi diserahkan ke Kementerian Luar Negeri Israel. Dalam sebuah wawancara dengan media pada bulan April 2020 lalu, Du Wei mengatakan bahwa dia tidak pernah meninggalkan rumahnya dalam waktu 14 hari setelah dia diisolasi setelah memasuki negara tersebut.

Du Wei menulis Jerusalem Post tak lama setelah ia secara resmi menjabat sebagai duta besar untuk Israel pada bulan Maret 2020 lalu. Dia menyanyikan pujian yang tinggi untuk apa yang disebut “anti-epidemi” kinerja pemerintah Komunis Tiongkok di Wuhan setelah wabah “serta”, “transparansi” dan “pengorbanan besar”.

Setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike  Pompeo mengunjungi Israel pada 13 Mei 2020 dan secara terbuka mengkritik pemerintah  Komunis Tiongkok karena menyembunyikan epidemi itu. Du Wei segera menggunakan nama Kedutaan Besar Tiongkok di Israel pada 14 Mei di surat kabar berbahasa Inggris terbesar “The Jerusalem Post”. 

Sebuah artikel yang diterbitkan di situs web resmi meringkas kritik Pompeo terhadap pemerintah Komunis Tiongkok sebelum dan setelah kunjungannya ke Israel sebagai “teori sumber virus”, “teori epidemi tersembunyi” dan “teori ancaman investasi”. Pernyataan terkait Pompeo digambarkan sebagai “fallacy” dan “virus politik”.

Tanpa diduga, pejabat baru yang melepaskan “tiga kebakaran”, Setelah Du Wei menjabat sebagai dubes di Israel, ia hanya melepaskan “dua kebakaran” hingga meninggal mendadak di kediaman resminya, yang  mengejutkan publik.

hui/rp 

Video Rekomendasi

Share

Video Popular