- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Kepanikan UU Keamanan Nasional, Warga Hong Kong Bergegas Menukar Dolar Amerika Serikat Hingga Sehari Tembus USD 4 Juta

Kongres Rakyat Nasional Partai Komunis Tiongkok mengesahkan rancangan undang-undang keamanan nasional versi Hong Kong, dan Amerika Serikat mengumumkan akan mengenakan sanksi. Di Hong Kong  banyak orang  menukar dolar Hong Kong menjadi dolar  Amerika Serikat. Telah terjadi pertukaran satu hari di “Money Changer” lebih dari jutaan dolar  Amerika Serikat. Beberapa laporan memperkirakan bahwa penarikan modal asing dapat mencapai 500 miliar dolar Hong Kong

 oleh Liang Zhen, Xiao Long dan Song Bilong dari Hong Kong –  NTD

Pantauan jurnalis NTD dari Hong Kong dalam laporan Sabtu (30/5/2020) menyebutkan, setelah peluncuran resmi Undang-Undang Keamanan Nasional versi Hong Kong, dunia luar khawatir bahwa status pusat keuangan internasional Hong Kong akan rusak. Banyak warga negara juga khawatir tentang keamanan aset mereka dan telah mengubah aset mereka menjadi dolar Amerika Serikat.

Sebagaimana diketahui, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa ia akan mengambil tindakan terhadap Hong Kong. Di bawah berbagai faktor, orang-orang Hong Kong khawatir tentang depresiasi dolar Hong Kong, dan bahkan khawatir tentang decoupling dolar Amerika Serikat dan dolar Hong Kong. 

Banyak bank Amerika Serikat dan toko pertukaran mata uang asing berada dalam antrian panjang. Bos toko penukaran uang Fa Da Niao yang terletak di Sham Shui Po, mengatakan bahwa terjadi kerumunan penukaran dolar Amerika Serikat, ditukar dengan jutaan dolar dalam waktu kurang dari satu jam. Ditukar dengan empat juta dolar sehari.

Wang Weilin, pemilik toko pertukaran uang Fa Da Niao kepada NTD mengatakan: “Semua orang tidak lagi percaya pada dolar Hong Kong. karena khawatir tentang prospek Hong Kong. Setiap orang menukar uang di rumahnya menjadi dolar Amerika Serikat. Mereka tidak percaya dolar Hong Kong.”

Wang Weilin menambahkan, dirinya biasanya melakukan bisnis lebih dari 100.000, lebih dari 200.000, dan lebih dari 300.000 dolar Amerika Serikat. Akan tetapi terjadi lonjakan luar biasa.

“Sekarang setelah berita dari Undang-Undang Keamanan Nasional, beberapa hari pertama adalah 1 juta dolar, 2 juta dolar, 3 juta dolar Amerika Serikat, ” ujarnya. 

Wang Weilin  mengatakan: : “Hari ini saya memiliki lebih dari 4 juta dolar Amerika Serikat, besok kami mungkin memiliki 5 juta, atau 4 juta, 3 juta. Kuantitas kami sangat tidak stabil. Faktanya, sebagian besar penukar mata uang di lini saya relatif bagus. Stok uang dolar AS sangat kecil. Misalnya, di Sham Shui Po, saya bertanya kepada semua penukar uang bahwa tidak ada stock uang kertas dolar Amerika Serikat lagi. “

Laporan penelitian JPMorgan Chase memperkirakan bahwa beberapa orang asing yang tinggal di Hong Kong akan meninggalkan Hongkong. Diperkirakan modal asing akan hilang sebesar HK $ 478,5 miliar, mengurangi cadangan devisa Hong Kong sebesar 14%.  (hui/rp/asr)

Video Rekomendasi :