Epochtimes.com- “Nyawa orang kulit hitam sangat penting,” penyelenggara berharap acara hari itu akan menarik 1 juta pemrotes. Polisi Washington mengatakan bahwa sekitar 3.000 demonstran berkumpul di Lincoln Memorial pada siang hari, dan sekitar 3.000 orang berkumpul di dekat Gedung Putih.

Pihak berwenang memperluas area keamanan berpagar di sekitar Gedung Putih, yang kemudian meluas di dekat National Mall.

Reuters melaporkan bahwa banyak orang berkumpul di depan gedung Kongres dan kemudian menghindari demonstrasi. Beberapa pengendara sepeda motor membunyikan klakson mereka untuk mendukung kerumunan protes. Beberapa warga kota turun ke jalan untuk mendistribusikan air minum dan makanan ringan kepada pengunjuk rasa.

Melansir Reuters, untuk menjaga hukum dan ketertiban, ratusan tentara naik enam bus ke lokasi demonstrasi di dekat Gedung Putih pada Sabtu 6 Juni 2020 pagi. Sebagian besar dari mereka mengenakan rompi anti peluru dan memegang perisai. Kendaraan militer yang lebih ringan di parkir di sepanjang jalan. 

Polisi Washington bertugas di lokasi protes pada hari Sabtu 6 Juni 2020 sore. Mereka mengenakan pakaian patroli, tidak ada helm, dan tidak ada rompi anti peluru. Nampak jumlah orang pemrotes telah menurun. Pada sore hari itu, protes pada dasarnya tenang, dan hampir tidak ada yang ditangkap.

Baru-baru ini, selama protes di Buffalo, New York, dua petugas polisi dikecam setelah difoto  mendorong seorang demonstran  berusia 75 tahun ke tanah. Kedua petugas polisi itu dihukum pada hari Sabtu 6 Juni 2020 lalu karena serangan tingkat dua.  

Seorang juru bicara kantor kejaksaan setempat mengatakan, kedua petugas polisi itu mengaku tidak bersalah. Sementara menurut Walikota Buffalo, pria berusia 75 tahun itu adalah penghasut.

Saat ini, epidemi virus Komunis Tiongkok telah mereda, tetapi negara-negara bagian Amerika Serikat telah membuka ekonomi mereka dengan hati-hati. Para ahli mengatakan bahwa protes dapat memicu wabah baru.

Selama empat hari terakhir, jumlah Pengawal Nasional yang dikerahkan di seluruh negeri telah dua kali lipat. Garda Nasional mentweet pada hari Sabtu 6 Juni 2020  bahwa 43.000 tentara dikerahkan di 34 negara bagian dan Washington DC untuk membantu penegakan hukum. Sementara 37.000 tentara penjaga dan pilot terus membantu operasi Covid-19. (hui/rp)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular