Epochtimes, oleh Chen Ting- Kantor Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS atau U.S. Customs and Border Protection -CBP- berhasil mengungkap kasus uang dolar palsu. CBP mengungkapkan bahwa uang kertas palsu disita dalam operasi di perusahaan pengiriman paket kilat di Milwaukee. Uang kertas palsu tersebut berasal dari Shanghai, Tiongkok. Sedangkan alamat pengirimannya ada di Milwaukee. Paket tersebut terpilih secara acak oleh pejabat yang melakukan pemeriksaan, dan 3.515 lembar uang kertas dolar AS palsu bernominal USD.100,- ditemukan setelah dibuka.

Uang kertas palsu terbuat dari bahan yang berkualitas rendah, tidak memiliki watermark, tanpa serat berwarna merah dan biru. sedangkan nomor seri setiap lembar uang kertas tersebut adalah sama, bahkan ada karakter Mandarin merah di bagian belakang uang kertas.

Direktur Pelabuhan CBP Milwaukee William Braun mengatakan : “Penyelundupan uang palsu selain dapat menimbulkan ancaman bagi perekonomian AS, juga mempengaruhi keamanan nasional.

Uang palsu ini disebut Uang Kertas Palsu yang Dicetak Asing dan merupakan barang selundupan yang melanggar hukum federal. Uang palsu ini akan dimusnahkan. Pejabat CBP mengatakan bahwa hanya dalam tahun lalu saja, tidak kurang dari USD. 100 juta uang kertas palsu yang mengalir ke pasar.

Perlu dicatat bahwa CBP belakangan ini telah menyita lebih dari satu kali kiriman paket uang kertas palsu buatan Tiongkok. 

Pada 14 Desember tahun lalu, para pejabat menemukan 45 dus karton berisi barang dicurigai yang berada dalam satu kontainer kiriman dari negara asing ke pelabuhan di Minnesota. Setelah ditinjau lebih lanjut, isi karton itu adalah uang kertas palsu bernominal USD.1,- sebanyak 900.000 lembar. Pihak berwenang menyatakan bahwa uang kertas palsu ini dikirim dari Tiongkok.

Keterangan gambar : Uang kertas palsu bernominal USD.1,- dalam 45 dus karton yang disita dari dalam kontainer kiriman dari Tiongkok pada bulan Desember 2019. (CBP)
Keterangan gambar : Uang kertas palsu bernominal USD.1,- dalam 45 dus karton yang disita dari dalam kontainer kiriman dari Tiongkok pada bulan Desember 2019. (CBP)

Pada 13 Mei, pejabat CBP menyita setumpuk uang kertas palsu bernominasi USD.100,- senilai USD. 252.300,- dari perusahaan pengiriman paket kilat di Cincinnati. Paket tersebut dikirim dari Shenzhen, Tiongkok, ditemukan dengan pemeriksaan melalui sinar-X. 

Setelah dibuka, petugas menemukan bahwa uang kertas palsu tersebut dibungkus dalam 25 buah kantong plastik. Uang kertas palsu tersebut tampaknya dicetak di atas kertas biasa oleh printer yang berkualitas sehingga sepintas lalu tidak tampak berbeda dengan aslinya. Begitu pula, setiap uang kertas memiliki nomor seri yang sama, dan ada karakter Mandarin di bagian belakang uang kertas.

Uang kertas palsu berjumlah USD. 252.300,- kiriman dari Tiongkok yang disita dari perusahaan pengiriman paket kilat di Cincinnati. (CBP)

U.S. Secret Service mengatakan bahwa uang kertas palsu yang dicetak di luar negeri banyak ditemukan di kota-kota besar di Amerika Serikat. 

Agen dan analis investigasi di seluruh negeri akan terus bekerja sama dengan unit penegak hukum setempat untuk menginformasikan kepada publik dan menangkap para pengedarnya.

U.S. Secret Service juga mengingatkan konsumen dan toko-toko pengecer bahwa setelah menerima uang kertas, mereka harus segera memeriksanya untuk memastikan bahwa mereka tidak dirugikan karena menerima uang kertas palsu. (sin/asr)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular