Erabaru.net. Laporan per hari Selasa (9/6/2020) menunjukkan terjadi lonjakan angka pasien yang positif terinfeksi Coronavirus. Angka per hari tembus 1.043 positif dengan sebaran di sejumlah provinsi Indonesia.

“Kita dapatkan jumlah konfirmasi COVID-19 yang positif sebanyak 1.043. Tentunya, jumlah ini sebarannya tidak merata di seluruh Indonesia,” ujar Juru Bicara Pemerintah Penanganan Corona, Achmad Yurianto dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa di Channel Youtube BNPB. 

Yuri menjelaskan pemeriksaan spesimen sebanyak 16.181 sehingga kemudian total spesimen yang sudah diperiksa adalah sebanyak 429.161 spesimen.

Menurut Yuri, sebaran terbanyak yang didapatkan  adalah di provinsi DKI Jakarta sebanyak 232 kasus baru. Akan tetapi, terdapat sebanyak 165 orang dinyatakan sembuh.

Provinsi yang kedua adalah Jawa Timur sebanyak 220 kasus baru dengan 85 kasus sembuh. Selanjutnya Sulawesi Selatan 180 kasus dan 31 kasus sembuh. Sedangkan Kalimantan Selatan melaporkan kasus baru sebanyak 91 orang dan 1 sembuh, Sulawesi Utara 41 orang dan tidak ada laporan sembuh.

Pada kesempatan itu, Yuri menjelaskan sebanyak 17 provinsi melaporkan dengan jumlah kasus di bawah 10 di mana ada 7 provinsi yang melaporkan  tanpa ada kasus baru.

Sehingga total kasus sembuh keseluruhannya ada 510 orang, totalnya menjadi 11.414 orang. Adapun meninggal ada 40 orang sehingga totalnya menjadi 1.923 orang.

Yuri menjelaskan, sebanyak 422 kabupaten kota terdampak di 34 provinsi. Adapun orang yang masih dalam pemantauan sebanyak 38.394 orang, pasien dalam pengawasan sebanyak 14.108 orang.

“Ini menggambarkan bahwa memang kebiasaan baru harus kita terapkan, karena ini gambaran penularan masih terjadi. Artinya, di tengah-tengah masyarakat kita, masih kita dapatkan kasus positif tanpa gejala menjadi sumber penularan di tengah-tengah masyarakat. Kemudian masih ada perilaku masyarakat yang rentan tertular sehingga kemudian menjadi tertular. Inilah yang menjadi catatan-catatan kita yang bersama-sama semestinya harus kita atasi dengan segera,” harapnya. (asr)

Video Rekomendasi : 

 

Share

Video Popular