- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Hanya dengan Satu Jurus dari Amerika Serikat, Dolar Hongkong akan Tersingkir

Ntdtv, oleh Liang Zhen dan Jian Feng- Dr. NG Ming Tak seorang bankir senior di Hongkong berpendapat bahwa saat ini negara-negara di dunia,  belum ada strategi untuk menerapkan sanksi nyata terhadap komunis Tiongkok terkait penerapan Undang Undang Keamanan Nasional versi Hongkong. Sekarang beberapa konsorsium di Hongkong berkompromi dengan Partai Komunis Tiongkok hanya untuk memperjuangkan waktu untuk mundur.

“Karena tidak semua aset orang asing di Hongkong itu dalam bentuk uang kontan, bahkan banyak yang berupa aset tidak bergerak, seperti investasi di bisnis atau properti,” kata Dr. NG Ming Tak.

Menurut Dr. NG Ming Tak, setelah Undang Undang  Keamanan Nasional versi Hongkong disahkan, cara Partai Komunis Tiongkok menggunakan konstitusi dan kekerasan untuk mengendalikan rakyat daratan Tiongkok akan dipraktikkan pula di Hongkong.

“Inilah gambaran Hongkong di masa depan, dengan kekerasan polisi di satu tangan dan UU. Keamanan Nasional versi Hongkong di tangan lainnya, itulah wajah Hongkong,” kata Dr. NG Ming Tak.

Dr. NG Ming Tak menilai, setelah sebagian besar dana internasional sudah tertarik, begitu Amerika Serikat memutus kaitan nilai tukar dan menghentikan pertukaran antara dolar Hongkong dengan dolar Amerika Serikat, maka dolar Hongkong terancam.

“Jika tidak lagi populer, tidak dapat digunakan sebagai mata uang yang beredar. Otomatis runtuh”, kata Dr. NG Ming Tak.

Pada saat yang sama mata uang renminbi juga akan menemui nasib yang sama.

Dr. NG Ming Tak menilai, selama ini renminbi bukan mata uang kuat, bukan mata uang yang beredar di seluruh dunia. Semua orang dari semua organisasi internasional dunia bakal menutup pintu menolak bermain dengan renminbi . (sin/rp)  

Video Rekomendasi