oleh Li Jing

Pada 13 Juni 2020, sebuah ledakan hebat truk tangki minyak terjadi di kota Wenling, provinsi Zhejiang, Tiongkok. Laporan The Associated Press  pada 14 Juni 2020 menyebutkan, ledakan  menyebabkan sedikitnya 189 orang terluka dan 19 orang dinyatakan meninggal dunia.

Kronologi kejadian sekitar pukul 16:40 waktu setempat pada hari itu, sebuah truk tangki yang melintas di jalan bebas hambatan dekat Desa Liangshan, Daxi County tiba-tiba terjadi ledakan hebat. Sehingga menyebabkan kerusakan sejumlah rumah penduduk dan pabrik di daerah sekitar.

Klien Berita Zhejiang sebelumnya merilis berita bahwa penyelidikan awal mengungkapkan bahwa, kendaraan truk yang meledak itu bernomor polisi Zhejiang yang sedang bermuatan gas cair dari kota Ningbo menuju kota Wenzhou Rui’an. Ketika keluar dari jalan raya bebas hambatan dan mengambil jalan nasional no. 104, ledakan tiba-tiba terjadi.

Truk tangki yang meledak menghancurkan sebuah pabrik di sisi jalan.  Kemudian menyulut dua ledakan lainnya.

Laporan lainnya pada 14 Juni pagi, tulisan di Weibo akun milik Kantor Informasi Pemerintah Kota Wenling menyebutkan bahwa menurut catatan pada 13 Juni pukul 23:00 waktu setempat. Sejumlah rumah sakit telah mengaku menerima 178 orang korban luka akibat ledakan tersebut, dimana 10 orang di antaranya meninggal setelah gagal diselamatkan.

Sekitar 2 Orang korban ringan lainnya, sudah diperkenankan pulang pada malam itu. Sebanyak 166 orang masih dirawat di rumah sakit. Pada saat yang sama, pencarian dan penyelamatan di lokasi kejadian menemukan 2 orang yang sudah meninggal dunia. Sehingga total 12 orang dinyatakan meninggal dunia.

Kemudian, pembaruan berita di akun Weibo tersebut menyebutkan pada 14 Juni pukul 0:20, dua orang yang sudah tidak memiliki tanda-tanda hidup ditemukan lagi di TKP, sehingga yang meninggal berjumlah 14 orang.

Rekaman video menunjukkan bahwa ledakan kuat itu membuat bangunan-bangunan rumah warga di dekatnya rusak parah. Sedangkan asap hitam pekat membumbung tinggi dari lokasi ledakan.

Ada saksi mata mengatakan, suara kaca pecah berantakan menyusul di belakang suara ledakan hebat itu. Kepalanya pun terluka oleh pecahan kaca.

Beijing News melaporkan bahwa seluruh deretan rumah di dekatnya rusak parah akibat ledakan, atap runtuh serta pintu dan jendela berubah bentuk. Di tempat kejadian setelah ledakan, asap hitam mengepul tinggi. Petugas penyelamat berada di tempat kejadian dan banyak orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

Seorang warga Daxi County mengatakan kepada reporter Beijing News bahwa pada saat itu, suara keras terdengar, bangunan bergetar. Warga itu berkata : “Saya pikir itu gempa bumi dan bergegas turun dari loteng”. 

Seorang wanita dari Desa Liangshan menuturkan bahwa jalan tol itu melintas melalui tengah-tengah Desa Liangshan, sehingga terkena dampak serius. “Jangan-jangan separo desa rusak”.

Saat ini, banyak pintu keluar masuk jalan raya bebas hambatan termasuk Wenling Barat, Taizhou Selatan, Taizhou dan Linhainan telah ditutup sementara akibat insiden itu. (Sin/asr)

 

 

 

Share

Video Popular