Ntdtv.com- Sebuah truk tangki meledak pada 13 Juni sore waktu setempat di G15 Shenhai Expressway, Kota Wenling, Provinsi Zhejiang, Tiongkok. Kantor Berita Zhejiang sebelumnya memberitakan bahwa penyelidikan awal mengungkapkan, kendaraan yang meledak itu adalah truk tangki CM9535-Zhejiang CM138. 

Truk tangki itu mengangkut gas cair dari Ningbo ke Rui-an, Wenzhou. ketika keluar dari jalan tol menuju ke China National Highway 104, truk tangki itu terhempas ke luar jalan tol setelah meledak.

Menurut video yang diunggah oleh media Tiongkok, ledakan tidak hanya memicu kebakaran yang berkobar, tetapi juga tiba-tiba mendengar suara ledakan mengerikan, asap hitam seperti awan jamur membubung ke angkasa. Insiden itu disertai dengan getaran yang kuat, puluhan kendaraan terbakar hingga tersisa kerangka. 

Sementara itu, rumah-rumah di dekat pemukiman penduduk setempat juga terkena dampaknya. Sehingga mengakibatkan kerusakan yang sangat parah, dan orang-orang yang terperangkap di rumah yang runtuh kehilangan kontak.

Saksi mata mengatakan, pada saat ledakan, truk tangki itu terlempar ke angkasa dan menghantam rumah penduduk. Selain itu, kendaraan di sekitar lokasi ada yang meledak dan terhempas hingga ketinggian 4 lantai, banyak bangunan di sekitar lokasi roboh. 

Lokasi kejadian dipenuhi asap hitam, banyak mobil yang terbakar, dan korban luka-luka tampak bergelimpangan di jalan bebas hambatan itu.

Seorang warga desa yang tinggal di sekitar lokasi menggambarkan insiden itu sangat “mengerikan.” Waktu kejadian sekitar pukul 5 sore waktu setempat. Setelah mendengar suara keras, seluruh rumah bergetar dan asap hitam di lokasi kejadian tampak dari kejauhan.

Pada 14 Juni dini hari, akun Weibo “Wenling-fabu” dari Kantor Informasi Pemerintah Kota Wenling menyatakan bahwa, menurut statistik awal, hingga pukul 23:00 tanggal 13 Juni, total 178 korban luka-luka dirawat di sejumlah rumah sakit, 10 di antaranya gagal diselamatkan dan meninggal di rumah sakit. Dua orang korban tewas ditemukan di lokasi kejadian. Selanjutnya, “Wenling-fabu” kembali mengatakan bahwa sekitar pukul 00:20 (14/6), dua korban tewas kembali ditemukan di tempat kejadian.

Namun, data kematian resmi yang dilaporkan pejabat pemda setempat kembali dipertanyakan netizen. 

Beberapa netizen Tiongkok mengatakan, “Menurut penuturan korban yang terluka di tempat kejadian, sebuah bus yang dipenuhi lebih dari empat puluh penumpang juga hancur akibat ledakan keras. Jumlah korban tewas di tempat kejadian mungkin ratusan orang, dan tidak dikesampingkan ada korban luka-luka selanjutnya tewas di tempat.” Beberapa netizen memperkirakan bahwa jumlah kematian mungkin tiga digit.

Pejabat pemda setempat hanya melaporkan 10 orang tewas, namun menurut korban luka-luka di tempat kejadian, sebuah bus yang dipenuhi lebih dari 40 penumpang juga hancur akibat ledakan.

Jumlah korban tewas di tempat kejadian mungkin ratusan orang. Tidak dikesampingkan ada korban luka-luka selanjutnya tewas di tempat.

Bangunan tempat tinggal yang berjarak ratusan meter dari titik ledakan juga hancur, dapat dibayangkan bagaimana rupa sejumlah besar kendaraan di lokasi ledakan.

Jumlah korban tewas mungkin di atas tiga digit, bukan hanya 10 orang seperti yang dilaporkan media resmi corong parta komunis Tiongkok. (jon/asr)

Reporter Xiao Jing / editor : Yun Tao

Video Rekomendasi

Share

Video Popular