Ntdtv.com- National Institutes of Health, wakil direktur penelitian di luar rumah sakit, Michael Raul, MD, pada 12 Juni melaporkan  perkembangan terbaru dalam penyelidikan dampak integritas penelitian asing di Amerika Serikat.

Lembaga itu melakukan survei terhadap 189 ilmuwan dari 87 lembaga di Amerika Serikat. Hasilnya menunjukkan bahwa ada 133 orang, sekitar 70% dari peneliti, yang tidak mengungkapkan dan juga menerima subsidi dari negara-negara asing.  54% menyembunyikan partisipasi dalam “program bakat” asing. 9% hubungan terselubung dengan perusahaan asing. 4% tidak mengungkapkan paten asing, dan sekitar 5% melibatkan pelanggaran terhadap sistem tinjauan sejawat National Institutes of Health Amerika Serikat.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa penyembunyian partisipasi dalam “Program Seribu Talenta” Komunis Tiongkok adalah masalah utama. 93% dari dana yang disembunyikan berasal dari institusi Tiongkok.

Menurut Michael  Raul, 82% dari orang-orang yang disurvei adalah orang Asia, yang mencerminkan tujuan utama Komunis Tiongkok adalah para peneliti keturunan Tionghoa.

Pusat Studi Strategis dan Internasional Amerika Serikat pada bulan Mei lalu mengatakan bahwa anggota “Program Seribu Talenta” mentransfer hasil penelitian Amerika Serikat ke Tiongkok, sehingga memperoleh dana dari Komunis Tiongkok.

Laporan investigasi Senat terdiri dari Sub-komite Amerika Serikat menunjukkan bahwa anggota “Program Seribu Talenta” menandatangani kontrak dengan Komunis Tiongkok untuk mendirikan “laboratorium bayangan” di Tiongkok. Juga menyembunyikan hubungan itu dari Amerika Serikat, dan terus memperoleh dana penelitian Amerika. Perilaku ini sangat kontras dengan norma-norma dasar, nilai-nilai dan prinsip-prinsip penelitian Amerika.

Saat ini, National Institutes of Health telah mendiskualifikasi 77 peneliti dari hibah atau sponsor, dan memecat 54 ilmuwan yang telah menerima hibah. Investigasi masih berlangsung.

Reporter komprehensif NTD reporter Yan Xi

hui/rp

Video Rekomendasi

Share

Video Popular