Ntdtv.com.tw- Pemerintah Tiongkok menyebut strategi penanganan virus corona saat ini sebagai “Mekanisme Perang” yang diterapkan di Distrik Fengtai, Beijing. Sejumlah besar penduduk Beijing antri panjang untuk menjalani tes virus. Saat ini, Liaoning, Shanxi, Heilongjiang dan tempat-tempat lain telah mengeluarkan peringatan kepada warga kota setempat untuk tidak melakukan perjalanan ke Beijing.    

Staf pengambilan sampel makanan yang tinggal di Distrik Fengtai, Beijing, terdeteksi terinfeksi virus Komunis Tiongkok, karena sebelumnya ia pernah mengunjungi pasar grosir makanan di Xinfadi, Beijing. Pasar grosir makanan terbesar di Beijing itu pun telah ditutup dan dijaga oleh polisi bersenjata. 

Pada saat yang sama, enam pasar grosir utama di Beijing juga telah ditutup atau ditutup sebagian. Pada 13 Juni, operasional bus jarak jauh di Xinfadi, Distrik Fengtai dihentikan.

Kepala Distrik Fengtai, Beijing Chu Junwei mengatakan: “Warga di 11 perumahan di distrik Fengtai, Beijing dihimbau untuk tetap tinggal di rumah. Wilayah itu berlokasi dekat dengan pasar daging Xinfadi yang menjadi klaster baru penyebaran virus.” 

Beijing memulai pengujian virus skala besar. Orang-orang berbaris di luar stadion, menunggu tes virus.

Warga Beijing mengatakan, “Sebagian warga Distrik Xicheng yang pernah ke Xinfadi  akan melakukan deteksi asam nukleat. Itu hanya sebagian kecil saja. Banyak sekali orang yang antri, lebih baik segera pergi.”

Namun, beberapa warga setempat mengatakan masih banyak orang yang pernah mengadakan kontak dekat yang belum menjalani tes virus. Jumlah aktual infeksi jauh lebih besar daripada jumlah yang dilaporkan pejabat pemda stempat.

Terbetik berita, wabah virus di Beijing telah menyebar ke Provinsi Liaoning. Dua infeksi baru tanpa gejala yang dilaporkan pada 12 Juni di Provinsi Liaoning berhubungan erat dengan kasus yang dikonfirmasi di Beijing.

Setelah penemuan kasus baru itu, Beijing memutuskan menunda pembukaan kembali sekolah dasar di seluruh kota. Pemerintah menangguhkan semua event olahraga dan makan bersama. Perjalanan wisata lintas provinsi juga dihentikan pada Sabtu 13 Juni lalu. (Johny /rp)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular