- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Setelah Menyelamatkan Spsesiesnya, Kura-kura Raksasa Galapagos Kembali ke Habitatnya

Erabaru.net. Sekelompok kura-kura raksasa yang telah hidup di penangkaran selama beberapa dekade dan membantu menyelamatkan spesiesnya dari ambang kepunahan dilepaskan ke alam liar di Kepulauan Galapagos, Senin (15 Juni).

Kura-kura dibiakkan di penangkaran untuk mengisi kembali pulau-pulau setelah jumlah mereka di alam liar turun menjadi hanya 15 ekor, kata direktur taman Danny Rueda. Sekarang ada lebih dari 2.000 di Pulau Espanola, katanya.

kura-kura [1]

Kura-kura raksasa ini dikenal karena lehernya yang panjang dan kasar dan rentang hidupnya lebih dari 100 tahun.

Salah satu kura-kura yang baru dibebaskan adalah Diego, diperkirakan berumur sekitar 100 tahun. Terkenal karena kesuburannya, dia sendiri telah menjadi ayah dari 800 anak.

Kembalinya Diego ke Espanola asalnya terjadi setelah sekitar delapan dekade tinggal di kebun binatang California dan kemudian dalam program pemulihan kura-kura di Pulau Santa Cruz di Galapagos.

[2]

Untuk perjalanan terakhirnya pulang, Diego dibawa dengan kapal ke Pulau Espanola, bersama dengan 14 temannya.

Dari sana, penjaga menggunakan ransel untuk membawa kura-kura – yang beratnya bisa mencapai 180 kg – ke daerah di mana kaktus tumbuh berlimpah yang akan membantu mereka beradaptasi kembali. Di sana, mereka akan dipantau dengan pelacak GPS.

Ini telah menjadi kisah sukses konservasi.

“Kami dapat mematikan program penangkaran spesies ini karena perilaku alami mereka efektif,” kata Rueda.(yn)

Sumber: Asiaone

Video Rekomendasi: