Erabaru.net. Kekuatan alam begitu mengesankan sehingga tidak aneh bahwa banyak hewan sering dikaitkan dengan munculnya fenomena tertentu yang dapat menjadi bencana bagi manusia. Seperti halnya kemunculan ikan dayung di pantai, yang konon pertanda akan datangnya gemba Bumi yang mematikan.

Beberapa tahun yang lalu ikan dayung atau oarfish besar yang mencapai pantai telah menakutkan semua penghuninya karena keyakinan bahwa dengan kemunculan spesies ini di pantai menandakan akan datangnya bencana.

Beberapa waktu lalu, sekali lagi seekor ikan dayung besar telah muncul di pantai, yang menyebabkan ketakutan penduduk setempat. Itu semua terjadi di Pantai Cozumel, di Quintana Roo, Meksiko, ketika sekelompok peselancar dari daerah itu menemukan ikan ketika sedang memancing.

Ikan itu mengambang dan sangat dekat dengan permukaan pantai, tidak bergerak sedikit pun. Awalnya, peselancar mengira ikan itu sebagai ikan mas, tetapi setelah mengetahui jenisnya dengan pasti, mereka tidak bisa tidak merasa takut.

Ketakutan di balik jenis ikan tertentu ini disebabkan oleh mitos Jepang yang populer, yang menyatakan bahwa ikan dayung adalah pembawa pesan Istana Dewa Laut dan memiliki kemampuan untuk memprediksi gempa bumi besar atau tsunami.

“Ikan laut dalam yang hidup di dekat dasar laut lebih sensitif terhadap pergerakan sesar aktif daripada yang dekat dengan permukaan laut,” kata Kiyoshi Wadatsumi, pakar gempa di LSM e-Pisco.

Namun, terlepas dari reputasi buruk yang dimiliki makhluk-makhluk indah ini, semakin banyak orang bergabung untuk melindungi mereka dan menolak stereotip terhadap mereka karena bagaimanapun, tidak ada bukti ilmiah yang berhasil memverifikasi hubungan mereka dengan bencana.

Sebagai makhluk rasional, sudah saatnya meninggalkan semua kepercayaan yang tidak terbukti yang tidak melakukan apa pun selain menyebabkan kejahatan bagi makhluk hidup, terutama hewan yang tidak dapat membela diri dan yang telah hidup selama bertahun-tahun diperlakukan secara tidak adil oleh umat manusia.(yn)

Sumber: zoorprendente

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular