Erabaru.net. Sejumlah peselancar baru-baru ini beruntung lolos dari maut ketika rekaman drone menangkap seekor hiu putih besar yang berada tepat di bawah permukaan air tempat mereka mengambang.

Hiu, yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 3 meter, dapat terlihat tepat di bawah enam peselancar dan satu kayaker selama beberapa saat sebelum mereka menyadari bahwa mereka berada dalam jarak yang sangat dekat dengan predator berbahaya.

(Foto : Zachary Berman/NSRI)

Seluruh pertemuan itu ditangkap oleh drone yang dikendalikan seorang remaja laki-laki yang menggunakannya untuk membuat film para peselancar di Teluk Plettenberg, Afrika Selatan, pada 23 Juni.

Entah bagaimana, hiu raksasa tidak terdeteksi selama 25 detik, sampai kayaker dayung ke arahnya dan melihat siripnya muncul ke permukaan air.

Menyadari mereka semua dalam bahaya, dia memberi tahu salah satu temannya yang berselancar yang kakinya hanya beberapa memter dari hiu putih besar, yang segera mendayung dengan panik menjauh dari hiu.

Dia kemudian memberi tahu anggota kelompok lainnya, yang dapat terlihat mengubah arah dan berenang menjauh dari situasi berbahaya. Pada saat itu, hiu itu menjauh, memberi kelompok teman-teman kesempatan untuk kembali ke pantai.

(Foto : Zachary Berman/NSRI)

Remaja Zachary Berman, yang berada di pantai bersama ayahnya untuk berselancar, menangkap semuanya dengan drone sekitar 50 meter dari pantai.

Remaja itu mengatakan bahwa dia membuat keputusan untuk mengikuti hiu ketika dia pertama kali melihatnya di air, tetapi ketika dia menyadari betapa dekatnya itu dengan para peselancar, dia menyuruh ayahnya untuk pergi dan mengeluarkan kelompok itu dari air.

Ayahnya memberi tahu penjaga pantai yang mulai membersihkan pantai dan memasuki air untuk membantu para peselancar, kalau-kalau hiu menyerang mereka. Untungnya, itu tidak terjadi.

“Itu benar-benar menakutkan berdiri di sana dengan remote control mengawasi hiu ini menuju peselancar,” kata Zachary, seperti yang dilaporkan Mirror. “Kamu tidak benar-benar tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi itu dan aku terus merekamnya.”

(Foto : Zachary Berman/NSRI)

Ketika peselancar dan kayaker kembali dengan selamat ke pantai, Zachary menunjukkan kepada mereka rekaman itu dan mereka menyadari betapa dekatnya mereka dengan hiu putih besar itu.

“Mereka terperangah,” kata Zachary. “Mereka benar-benar kaget.”

Juru bicara National Sea Rescue Institute (NSRI), Craig Lambinon, yang merilis rekaman drone, mengatakan bahwa mereka memohon kepada semua peselancar, kayaker, dan yang berenang untuk waspada penuh terhadap hiu putih besar.

Lambinon mengatakan dalam sebuah pernyataan:

“Orang-orang yang menggunakan air di sekitar Tanjung Selatan dan Timur perlu berhati-hati karena tingginya jumlah penampakan hiu putih dan pertemuan dekat saat ini …

“Sejumlah besar penampakan hiu dan beberapa pertemuan telah dilaporkan dekat di pantai sepanjang garis pantai Teluk Plettenberg selama beberapa minggu terakhir dan pada hari Minggu dan dengan penampakan ini.”

(Foto : Zachary Berman/NSRI)

Lambinon mengatakan rekaman drone yang ditangkap kemarin hanya ‘menyoroti urgensi dari permintaan keselamatan ini’ karena hiu berenang di jarak yang sangat dekat dengan para peselancar. (yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular