Ntdtv.com- Gempa kuat 7,4 magnitudo terjadi pada tanggal 23 Juni 2020 pukul 10:29 waktu setempat. Episentrum adalah 12 kilometer barat daya Santa Maria Zapotitlan di kota kecil Oaxaca. Kedalaman fokus hanya 26 kilometer. Gempa yang sangat dangkal. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) awalnya mengukur skala 7,7  skala richter  yang kemudian direvisi menjadi 7,4  skala richter.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa bumi menghantam pantai Pasifik di Oaxaca selatan pada tanggal 23 Juni 2020 pukul 10.29 pagi waktu setempat.

Gambar media sosial menunjukkan bahwa gempa bumi menyebabkan guncangan hebat, ubin batu tulis di jalan bahkan tampak bergerak. Klinik dan gereja tua di desa pegunungan dekat pusat gempa rusak parah.

Keterangan foto: Pada 23 Juni 2020, gempa bumi 7,4 skala magnitudo terjadi di Oaxaca, Meksiko, dan bangunan rusak. (PATRICIA CASTELLANOS / AFP via Getty Images)
Keterangan foto: Pada 23 Juni 2020, gempa bumi 7,4 skala magnitudo terjadi di Oaxaca, Meksiko, dan bangunan rusak. (PATRICIA CASTELLANOS / AFP via Getty Images)
Keterangan foto: Pada 23 Juni 2020, gempa bumi 7,4 skala magnitudo terjadi di Oaxaca, Meksiko, dan bangunan rusak. (PATRICIA CASTELLANOS / AFP via Getty Images)

PEMBARUAN: Setidaknya 1 orang tewas setelah gempa 7,4 di Meksiko, setelah sebuah bangunan runtuh di Oaxaca.

Ada sekitar 140 gempa susulan, sebagian besar kecil. Pihak berwenang memperingatkan akan adanya tsunami yang sedang berlangsung, dengan gelombang tertinggi (3-10ft) diperkirakan di pantai selatan Meksiko.

Para pejabat di Oaxaca menyatakan bahwa rumah-rumah dan bagian-bagian lereng bukit runtuh akibat gempa bumi, menyebabkan orang-orang terperangkap dan mengirimkan pesan darurat melalui ponsel. Jalan gunung yang berliku antara ibu kota negara bagian Oaxaca dan pantai terganggu oleh bebatuan yang jatuh. Personel pencarian dan penyelamatan mencoba memasuki pemukiman dekat pusat gempa dengan berbagai cara.

Menurut laporan media, ketika gempa bumi melanda, gedung-gedung di ibu kota Meksiko, yang jauhnya ratusan kilometer, sangat terguncang. Orang-orang ketakutan dan lari ke luar gedung. Beberapa orang bahkan berjongkok di jalan dan menangis.

Sejumlah kecil bangunan di Huatuico, kawasan wisata, runtuh, menyebabkan kematian dan cedera. Sebuah rumah sakit setempat juga rusak, dan pasien harus dievakuasi ke tempat lain.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengunggah tweet pasca gempa yang menyebutkan bahwa ada 147 gempa susulan setelah gempa bumi.

Gempa bumi besar terakhir di Meksiko terjadi pada bulan September 2017 silam. Waktu itu bencana serius di ibu kota Meksiko dan negara-negara bagian lain di seluruh Meksiko itu menelan korban total 370 kematian. 

Gempa bumi terburuk dalam sejarah Meksiko terjadi pada 19 September 1985. Saat itu di kota Meksiko terjadi gempa bumi berskala 8.1 richter menewaskan lebih dari 10.000 orang dan meruntuhkan ratusan bangunan.

Keterangan foto: Pada 23 Juni 2020, gempa bumi terjadi di Meksiko selatan, bahkan gedung-gedung di ibu kota Meksiko, yang jauhnya ratusan kilometer, berguncang dengan keras, orang-orang lari ke luar, dan beberapa bangunan rusak. (Gambar Manuel Velasquez / Getty)
Keterangan foto: Pada 23 Juni 2020, terjadi gempa bumi di Meksiko selatan, bahkan gedung-gedung di ibu kota Meksiko, yang jauhnya ratusan kilometer, bergetar hebat. Orang-orang lari ke luar, dan beberapa penduduk memindahkan barangnya dari apartemen. (Gambar Manuel Velasquez / Getty)
Keterangan foto: Pada 23 Juni 2020, gempa bumi melanda Meksiko selatan. Bahkan gedung-gedung di ibu kota, Mexico City, yang jauhnya ratusan kilometer, bergetar hebat, dan orang-orang berlarian keluar. (CLAUDIO CRUZ / AFP via Getty Images)
Keterangan foto: Gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo terjadi di pantai Pasifik Meksiko selatan pada tanggal 23 Juni 2020. Pusat gempa (di asterisk) berada di dekat negara bagian Oaxaca, yang terkenal dengan kopi, arsitektur Mezcal, dan arsitektur kolonial Spanyol. (Gambar diambil dari situs web Survei Geologi Amerika Serikat arthquake.usgs.gov)

hui/rp

Video Rekomendasi

Share

Video Popular