- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Hacker Dapat Mendengarkan Percakapan Anda Melalui Bola Lampu yang Tergantung

Erabaru.net. Berapa banyak orang yang dibutuhkan untuk menguping percakapan Anda melalui bola lampu? Hanya satu, tampaknya, karena sebuah penelitian baru-baru ini menemukan hacker dapat melakukan hal itu.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti keamanan cyber di Israel, menemukan cara unik untuk memata-matai percakapan dengan menonton bola lampu yang tergantung di ruangan dari lokasi terdekat.

Dijuluki ‘Lamphone Attack’, teknik ini memungkinkan penyadap untuk mendengarkan percakapan yang berlangsung sekitar 25 meter jauhnya – tetapi hanya jika ada bola lampu gantung di ruangan tempat percakapan berlangsung.

[1]
(Foto: Pixabay)

Jadi bagaimana cara kerjanya? Ternyata, dengan mendeteksi getaran yang dihasilkan dari bola lampu sebagai akibat dari tekanan udara yang disebabkan oleh gelombang suara. Ketika gelombang suara menghantam permukaan ruangan, ia memicu getaran kecil yang dapat ditangkap melalui sensor elektro-optik yang difokuskan pada bola lampu.

Sensor elektro-optik inilah yang kemudian dapat digunakan untuk menangkap percakapan Anda. Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang hal itu, karena prosesnya tampaknya sedikit rumit, jadi Anda tidak yakin banyak orang akan mau melakukannya.

Meskipun demikian, tim peneliti ini, dan prosesnya berjalan sebagai berikut: sebuah teleskop perlu disiapkan dari titik penguping, untuk memberikan pandangan jarak dekat dari ruangan yang terdapat bola lampu; kemudian, sensor elektro-optik dipasang pada teleskop untuk mengubah cahaya menjadi arus listrik.

[2]
(Foto: Pixabay)

Setelah itu semua diatur, konverter analog-ke-digital mengubah output sensor menjadi sinyal digital. Kemudian, laptop memproses sinyal optik yang masuk dan mengeluarkan data suara yang dipulihkan.

“Setiap suara di dalam ruangan dapat dipulihkan dari ruangan tanpa persyaratan untuk meretas apa pun dan tidak ada perangkat di dalam ruangan,” kata para peneliti dalam studi mereka, sesuai VICE. “Kamu hanya perlu saling berhadapan dengan bola lampu gantung.”

Meskipun ada berbagai saran lain untuk menguping percakapan dengan menganalisis gelombang suara pada objek terdekat – seperti melalui sekantong keripik atau jendela – para hacker dalam penelitian ini mengklaim metode mereka adalah yang paling realistis.

[3]
(Foto: Pixabay)

Metode ini tidak hanya dapat digunakan untuk memata-matai percakapan, tetapi juga dapat mengidentifikasi lagu dengan akurat menggunakan Shazam dan SoundHound. Faktanya, para peneliti dapat mereproduksi rekaman The Beatles ‘Let It Be dan Coldplay’s Clocks selama percobaan mereka.

Namun, metode ini memang memiliki keterbatasan. Pertama-tama, bola lampu harus digantung dan juga harus terlihat jelas. Jika ada kap lampu atau tirai di jalurnya, metode ini kemungkinan akan gagal.

Juga, percakapan perlu terjadi di ruangan tempat bola lampu berada, jadi jika orang-orang pergi setengah jalan, metode itu tidak akan berguna.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi: