- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Dalam Dua Hari, Ratusan Orang Tewas Disambar Petir di India

Epochtimes.com- Melansir laman Reuters, lebih dari 100 orang tewas akibat sambaran petir di Bihar timur dan Uttar Pradesh, India utara dalam dua hari terakhir.

Sedikitnya ada 22 orang tewas disambar petir dan 12 lainnya luka-luka di Uttar Pradesh yang paling padat penduduknya sedikitnya. Sementara di Bihar 83 orang tewas.

Juru bicara pemerintah mengatakan bahwa sejauh ini, pemerintah daerah setempat tidak memiliki data tentang jumlah korban yang terluka.

Otoritas setempat mengumumkan bahwa masing-masing keluarga korban akan menerima kompensasi sebesar 400.000 Rupee atau sekitar Rp. 75,4 juta.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban.

Berikut adalah belasungkawa yang disampaikan Modi dalam bahasa India…

Sambaran petir juga menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah dan harta benda penduduk setempat.

Menurut informasi yang diumumkan India Meteorological Department (IMD)/ Departemen Meteorologi India, dalam beberapa hari ke depan, badai petir  mungkin akan berdampak di 38 wilayah Bihar. 

Sementara bagian utara dari daerah banjir yang berbatasan dengan Nepal akan mengalami hujan lebat.

Menurut Climate Resilient Observing Systems Promotion Council dalam sebuah laporan tahun lalu, menyatakan perubahan pola meteorologi telah memperpanjang masa pancaroba dan menyebabkan lebih banyak badai petir.

Antara kurun waktu 1 April 2019 hingga 31 Juli 2019, pemerintah daerah Bihar melaporkan 225.508  kasus sambaran petir. Sementara Uttar Pradesh melaporkan 322.886 kasus. Total ada 394 orang tewas tersambar petir. (hui/rp) 

Editor : Li Yan

Video Rekomendasi