- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Ledakan Dahsyat Terjadi di Daerah Gunung Iran, Diduga Terkait dengan Produksi Rudal Bawah Tanah

Epochtimes, oleh Xia Yu- Terjadi sebuah ledakan di Iran. Ledakan itu terlihat di langit dekat Teheran bagaikan sebuah bola api besar muncul di langit dekat Teheran pada 26 Juni 2020. Penyebab ledakan itu belum diketahui. 

Sementara itu, Citra satelit menunjukkan bahwa lokasi ledakan itu berada di sekitar 20 kilometer  timur dari pusat kota Teheran. Radius seratus meter dari pusat ledakan yang terdiri dari semak-semak kini menjadi hangus terbakar. Bangunan yang ada di dekat sana kondisinya mirip dengan fasilitas yang terlihat di layar TV.

Stasiun TV nasional Iran kemudian menyiarkan video adegan ledakan. Reporter stasiun TV tersebut berdiri di depan sebuah tabung gas besar berwarna hitam. Meskipun dilakukan penyesuaian fakus kamera, namun tidak menunjukkan adanya adegan lain.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Iran Davood Abdi menyebutkan bahwa ledakan diakibatkan oleh kebocoran gas. Akan tetapi tidak mengungkapkan jenis gasnya. Juru bicara itu mengklaim  tidak ada korban yang tewas dalam insiden itu.

Davood Abdi menjelaskan bahwa ledakan terjadi di “area publik”, tetapi orang luar merasa curiga. Mereka mempertanyakan mengapa petugas pemadam kebakaran dari militer yang dikerahkan ke sana tapi bukan dari sipil. Laporan televisi pemerintah tidak menjawab pertanyaan ini.

Associated Press melaporkan bahwa pemerintah Iran memberikan reaksi atas insiden tersebut tampak janggal. Laporan justru menyoroti sensitivitas lokasi ledakan. Inspektur internasional percaya bahwa daerah di sekitar pegunungan itu adalah tempat di mana Iran melakukan tes peledakan senjata nuklir dalam 20 tahun terakhir.

Fabian Hinz, seorang peneliti dari Middlebury Institute of International Studies in Monterey, California, mengatakan kepada Associated Press, bahwa lokasi penyimpanan gas berada di dekat pangkalan rudal Khojir di Teheran. Ledakan itu tampaknya mengenai sebuah fasilitas di Grup Industri Shahid Bakeri Iran, tempat roket pendorong dibuat.

Associated Press melaporkan bahwa Pusat Studi Strategis dan Internasional yang berbasis di Washington juga menggambarkan Khojir sebagai lokasi yang memiliki banyak terowongan. Beberapa di antaranya diduga sedang digunakan oleh militer Iran untuk merakit persenjataan. Bangunan untuk industri besar di lokasi tersebut dapat dilihat dari foto satelit. Di mana perakitan rudal mungkin sedang berlangsung.

Badan Intelijen Pertahanan AS -DIA- mengatakan bahwa secara keseluruhan Iran memiliki fasilitas bawah tanah terbesar di Timur Tengah. DIA pada tahun 2019 pernah menyebutkan bahwa pangkalan-pangkalan ini memberikan dukungan besar untuk meningkatkan  kemampuan rudal balistik Teheran, termasuk pasukan tempur dan pengembangan rudal dan rencana produksinya.

Associated Press melaporkan bahwa para pejabat Iran juga membenarkan bahwa situs itu berlokasi di Parchin, tempat pangkalan militer itu berada. Laporan juga menyebutkan bahwa Badan Energi Atom Internasional sebelumnya telah menyampaikan rasa curiga mereka, bahwa Iran sebelumnya pernah melakukan pengujian terhadap alat pemicu ledakan untuk senjata nuklir. (Sin/asr)

Video Rekomendasi