Erabaru.net. Banyak orang mungkin tidak sadar bahwa kita perlu minum air dalam jumlah yang cukup ketika kita minum obat seperti tablet dan kapsul. Namun, seorang pria berusia 23 tahun dari Taiwan mengembangkan kebiasaan minum obat tanpa air, yang mengakibatkan borok pada kerongkongannya.

Menurut ETtoday, pria muda itu memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter ketika mengalami nyeri dan sesak di dada. Dia juga mengungkapkan bahwa dia sering merasa mual dan bahwa dia bahkan batuk darah.

Oleh karena itu, dokter memutuskan untuk melakukan endoskopi untuk memeriksa kondisi di dalam tenggorokan pria itu dan sampai ke perut. Setelah menemukan luka dan cairan di kerongkongan pria itu, dokter awalnya mencurigai itu adalah kanker perut.

Namun, pria muda itu mengungkapkan bahwa dia mengembangkan kebiasaan menelan pil tanpa air, dan dokter mengesampingkan kanker lambung dari diagnosa.

(Foto: pixabay)

Dokter menjelaskan bahwa menelan pil tanpa air akan menyebabkan pil masuk ke lapisan esofagus dalam waktu lama. Keadaan ini akan menjadi lebih buruk ketika seseorang menelan kapsul tanpa air, karena kapsul akan hancur di kerongkongan, menyebabkan obat terpapar dan merusak lapisan.

(Foto: ETToday)

Dilaporkan juga bahwa pria muda itu cenderung minum obat flu, serta minum banyak pil sekaligus. Setelah menjalani perawatan yang menargetkan penyembuhan lapisan perutnya selama dua minggu, pria itu akhirnya pulih.

Dokter, Qian Zheng Hong, memperingatkan masyarakat untuk tidak menelan pil sambil berbaring karena akan meningkatkan risiko ulserasi. Dia juga menyarankan masyarakat untuk minum air yang cukup untuk mencuci pil agar obat tidak lengket di kerongkongan.

Perhatikan ya, teman-teman!(yn)

Sumber: worldofbuzz

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular