- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Mutasi Baru Virus Corona, Infektivitasnya Meningkat 9 Kali Lipat

Cn.ntdtv.com- Sebuah laporan penelitian bulan lalu menyatakan bahwa corona virus Komunis Tiongkok telah memiliki kode mutasi sebagai D614G, yang mengarah pada peningkatan besar infektivitas.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mutasi terbaru G614 dengan cepat menggantikan D614 asli, dan infektivitasnya 3-9 kali lipat dari yang terakhir. Virus ini terus bermutasi, yang membuat orang khawatir tentang apakah vaksin yang efektif dapat dikembangkan. 

Epidemi virus Komunis Tiongkok telah meningkat satu demi satu di seluruh dunia. Tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Cell menunjukkan bahwa versi virus mutan baru telah menyebar dari Eropa dan penyebarannya lebih cepat. 

Penelitian itu diselesaikan oleh tim multinasional dan menunjukkan bahwa versi baru virus ini saat ini adalah versi utama yang beredar di Eropa dan Amerika Serikat.

Virus mutan terbaru ini disebut G614, yang hampir sepenuhnya menggantikan virus D614 yang sebelumnya menyebar di Eropa dan Amerika Serikat.

Infektivitasnya adalah 3-9 kali dari yang terakhir. Ini dapat dengan cepat mereplikasi di saluran pernapasan bagian atas seperti hidung, sinus dan tenggorokan.

Virus G614 pada awalnya umum di Eropa dan masih sangat jarang di luar Eropa pada awal Maret 2020 lalu dan menyebar ke dunia pada akhir Maret. Khususnya di Nottingham (Inggris) dan Negara Bagian Washington (Amerika Serikat), G614 segera mengganti versi virus aslinya, yang menunjukkan bahwa ia menyebar dengan cepat.

Para peneliti menunjukkan bahwa gejala yang disebabkan oleh versi baru virus masih belum ada tanda-tanda memburuk, tetapi infeksi ini sangat meningkat.

Penelitian ini juga menemukan bahwa G614 dapat dinetralkan oleh serum orang yang pulih. Namun, karena sebagian besar vaksin yang saat ini sedang dikembangkan didasarkan pada versi lama virus, para peneliti khawatir tentang apakah mutasi virus akan mempengaruhi pengembangan vaksin.

Sebuah penelitian oleh Scripps Research Center di Amerika Serikat bulan lalu menemukan mutasi yang diberi kode D614G. Mutasi genetik ini akan meningkatkan protein lonjakan virus dan membuat protein ini lebih stabil, yang pada gilirannya akan membuat virus lebih mudah menyerang sel manusia. 

Otoritas virus Amerika William Haseltine mengatakan kepada CNN bahwa mutasi ini mungkin telah mengubah perkembangan epidemi dan cukup untuk menjelaskan mengapa begitu banyak kasus terjadi di Amerika Serikat dan Amerika Latin.

Pada 4 Juli, media resmi Komunis Tiongkok mengakui bahwa wabah virus Komunis Tiongkok di situs baru Beijing mengandung mutasi D614G, yang dapat menyebabkan virus mempercepat replikasi. (hui/rp)

Video Rekomendasi