- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Jet Supersonik Akan Lepas Landas pada Tahun 2021, Akan Membawa Anda dari London ke New York Hanya dalam 3 Jam

Erabaru.net. Sudah lebih dari 50 tahun sejak Concorde pertama kali terbang melintasi Atlantik dan pensiun pada tahun 2003, pada 2021, perjalanan supersonik akan kembali ke langit.

Startup asal Denver, Amerika Serikat, Boom Supersonic telah menciptakan pesawat supersonik dengan nama Overture.

Untuk tahun ini, prototype dengan skala 1: 3 dari Overture, XB-1, yang akan diperkenalkan terlebih dahulu, yang akan membawa kecepatan supersonik kembali ke perjalanan udara komersial untuk pertama kalinya sejak 2003.

[1]
(Foto: Boom Supersonic)

Concorde delta-wing adalah jet supersonik yang asli; suatu prestasi teknik luar biasa yang mengangkut penumpang-penumpang elit dari New York, AS, ke London, Inggris, dalam waktu kurang dari empat jam.

Namun, yang paling diingat adalah penerbangannya Air France 4590 yang tragis, di mana semua orang di dalamnya tewas karena ledakan setelah lepas landas dari Paris, Perancis.

Boom berencana untuk mulai melakukan uji penerbangan XB-1 pada tahun 2021, yang dimaksudkan untuk menampilkan ‘teknologi utama’ Overture, yang dilaporkan 100% netral karbon dan ‘pesawat tercepat yang dikembangkan secara pribadi’ dalam sejarah.

[2]
(Foto: Boom Supersonic)

Di situs web perusahaan, pendiri dan CEO Blake Scholl mengatakan dalam sebuah pernyataan:

“XB-1 adalah langkah pertama dalam membawa perjalanan supersonik kembali ke dunia. Penerbangan dengan kecepatan dua kali lipat berarti kita dapat melakukan perjalanan dua kali lebih jauh – membawa lebih banyak orang, tempat, dan budaya ke dalam kehidupan kita.”

Sebelum pandemi, Boom Supersonic diklaim sudah mendapatkan pemesanan senilai 6 miliar dollar untuk Overture

Dengan harga 200 juta dollar ( sekitar Rp 2,8 triliun) untuk satu pesawat. Virgin Group dan Japan Airlines, telah menginvestasikan 10 juta dollar ( sekitar Rp 144 miliar) di perusahaan pada tahun 2017.

Scholl menambahkan: “Kami memastikan bahwa masa depan supersonik aman dan berkelanjutan secara lingkungan dan ekonomi. Kami telah belajar bahwa permintaan supersonik telah tumbuh lebih cepat daripada yang kami perkirakan. “

[3]
(Foto: Boom Supersonic)

Jika dalam pengujian semuanya berjalan dengan baik, Overture akan memulai penerbangan penumpang komersial pada tahun 2030, mengangkut antara 55-75 orang dengan kecepatan Mach-2.2 melintasi lebih dari 500 rute lintas samudera; misalnya, London ke New York akan memakan waktu tiga jam dan 15 menit.

Sementara Overture akan mendapat manfaat dari teknologi pengurangan kebisingan terbaru, pesawat hanya akan terbang pada kecepatan supersonik di atas lautan.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi: