Epochtimes, oleh Xu Jialin- Parker Solar Probe dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menangkap gambar NEOWISE komet. Gambar yang langka dan luar biasa pada waktu yang tepat dan di tempat yang tepat. NASA merilis foto terkait pada 10 Juli 2020. Parker Solar Probe baru saja melintasi Venus baru-baru ini. 

Pada 5 Juli, posisi Parker Solar Probe di luar angkasa memberikannya perspektif yang sangat baik dan menangkap pandangan dua sisi komet yang tak tertandingi. Parker Solar Probe mencapai perihelion yang paling dekat dengan matahari.

C / 2020 F3 (NEOWISE), atau Comet NEOWISE, adalah komet jangka panjang retrograde yang dekat dengan orbit satelit. Satelit survei infra merah (WISE) NASA pada 27 Maret 2020, ditemukan dan dinamai dengan misi pendeteksian “NEOWISE”.

Selanjutnya, Parker Solar Probe, NASA Solar Terrestrial Relations Observatory, ESA / NASA Solar Terrestrial Relations Observatory, dan para astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional mengamati komet.

Gambar diambil oleh instrumen WISPR dari Parker Solar Probe. WISPR digunakan untuk memotret atmosfer luar matahari dan angin matahari di bawah cahaya tampak. 

Sebelum 28 Juni 2020, Parker Solar Probe mengumpulkan data ilmiah tentang penerbangan kelima di atas matahari, dan juga mengambil foto lain termasuk gambar komet ini. Selain itu, sensitivitas WISPR memungkinkan peneliti untuk mengamati detail halus dari ekor komet.

Foto: Sensitivitas WISPR juga memungkinkan para peneliti untuk mengamati detail halus dari ekor komet. (Penghargaan: NASA / Johns Hopkins APL / Laboratorium Penelitian Angkatan Laut / Parker Solar Probe / Brendan Gallagher)

Menurut NASA, sebagian besar komet memiliki dua ekor. Satu terbuat dari debu dan lainnya terbuat dari ion.  Namun, NEOWISE mungkin memiliki dua ekor yang terdiri dari ion bermuatan, yang membangkitkan

Dalam sebuah pernyataan, NASA menambahkan: “Ekor bawah terlihat lebar dan tidak jelas. Ini adalah ekor debu dari Komet NEOWISE.” 

Para ilmuwan berharap untuk menggunakan gambar yang diambil oleh WISPR guna mempelajari ukuran partikel debu dan kecepatan komet mengeluarkan debu.

NASA menyatakan bahwa bagian atas adalah ekor ion, yang terdiri dari gas terionisasi di bawah sinar matahari yang kuat. Gas-gas terionisasi ini dipengaruhi oleh angin matahari, menciptakan ekor ion yang memanjang dari matahari.

Gambar yang diambil oleh Parker Solar Probe tampaknya menunjukkan bahwa ekor ion Comet NEOWISE memiliki cabang. Kemungkinan itu berarti bahwa komet memiliki dua ekor ion di samping ekor debu. Akan tetapi para ilmuwan membutuhkan lebih banyak data dan analisis untuk mengkonfirmasi kemungkinan ini.

Editor yang bertanggung jawab: Ye Ziwei #

hui/rp 

Video Rekomendasi

Share

Video Popular