Epochtimes, oleh Chen Juncun- Sejenis bakteri misterius muncul di California, Amerika Serikat. Bakteri membunuh sekitar 60.000 ikan di tempat pembenihan di Sungai Mojave, San Bernardino County. Ikan terinfeksi oleh bakteri misterius itu.

Para ahli belum tahu dari mana bakteri misterius ini berasal. Laporan media ‘San Francisco Chronicle’ menyebutkan bakteri dikenal sebagai Lactococcus garvieae. Bakteri itu tidak pernah ditemukan sebelum bulan April 2020 di California. 

Dua lagi tempat pembenihan lainnya, di Owens Valley juga terserang jenis bakteri yang sama. Sekitar 3 juta ekor ikan trout dan jenis lainnya sedang dikarantina. Ahli penyakit ikan mencoba memahami mengapa beberapa perawatan tidak efektif terhadap bakteri.

Pejabat Dinas Perikanan dan Margasatwa California Jay Rowan mengatakan kepada Daily Press : “Terus terang, kami masih mempelajari bakteri baru ini setiap hari”. Dinas Perikanan dan Margasatwa California menyebutkan, perawatan yang diberikan kepada ikan yang terinfeksi bakteri ini sebagian besar tidak efektif. 

Personil yang relevan telah menempatkan pakan yang mengandung antibiotik di tempat pembenihan Sungai Mojave dengan biaya lebih dari USD. 75.000,-. Ikan yang terinfeksi bakteri menunjukkan gejala seperti mata melotot, gaya berenangnya yang abnormal, kulit ikan menjadi gelap, dan perut bengkak.

Tetapi hal yang aneh, ikan yang terinfeksi juga bisa tidak menunjukkan gejala. Ini mirip dengan pasien yang terinfeksi virus komunis Tiongkok

Dinas Perikanan dan Margasatwa California menyebutkan infeksi antara manusia – ikan pernah terjadi sebelumnya. Namun, infeksi bakteri manusia – ikan ini sangat jarang terjadi. Jay Rowan mengatakan : “Sayangnya, tidak terhindarkan kita harus perang jangka panjang di sini”. (sin/rp)

Video Rekomendasi

Share

Video Popular