Ntdtv.com- Banjir di Tiongkok Selatan belum surut dan dilanda topan lagi. Pada pagi hari tanggal 4 Agustus 2020, Topan Hagupit mendarat di pantai Yueqing, Kota Wenzhou, Provinsi Zhejiang, membawa badai dan hujan lebat. 

Hampir 400.000 orang di Zhejiang telah dievakuasi. Topan juga akan mempengaruhi Jiangsu, Anhui dan tempat-tempat lain, membawa lebih banyak hujan dan banjir.

Menurut Observatorium Meteorologi Tiongkok, Topan Hagupit mendarat di pantai Yueqing, Kota Wenzhou pada 4 Agustus sekitar pukul 3:30 pagi, dan tiba di Kota Yongjia, Provinsi Zhejiang pada pukul 5 sore. 

Tekanan terendah di pusat adalah 970 hPa. Bergerak ke utara dengan kecepatan 20 hingga 25 kilometer per jam, intensitasnya secara bertahap akan melemah dan berkurang menjadi topan ringan. Kemudian secara bertahap beralih ke timur laut, melewati Zhejiang utara-tengah dan selatan-tengah Jiangsu, dan bergerak ke barat Semenanjung Korea.

Observatorium Meteorologi Tiongkok telah mengeluarkan “Peringatan warna orange Topan” terhadap “Hagupit”. Bagian timur Lishui, Zhejiang, bagian tengah dan selatan Taizhou, dan sebagian besar Wenzhou dilanda topan dan dilanda hujan deras hingga badai hujan. 

Hujan deras turun di bagian Wenzhou, Ningbo, Zhoushan, Shaoxing, Jinhua Ada hujan di daerah Lishui, dan curah hujan di Longxi Lantou, Yueqing setinggi 207,3 mm.

(Gambar diambil dari situs web Meteorological Bureau cwb.gov.tw)

Selain itu, “Hagupit” juga membawa angin kencang. Yueqing Liu mengukur 52,1 meter per detik, yang setara dengan angin tingkat 16. Ada juga hembusan angin 15 tingkat di Pulau Dongtou Yuanjue Qingshan dan Yueqing Liushi Qitou. 

Pihak berwenang Zhejiang sekarang telah mengevakuasi lebih dari 380.000 orang, dan diperkirakan Hagupit akan terus ke utara untuk mempengaruhi Jiangsu, Anhui dan tempat-tempat lain. 

Observatorium Meteorologi Tiongkok memperkirakan bahwa selama periode 4 Agustus 2020, dari jam 8 hingga jam 8 keesokan harinya, akan ada hujan lebat di tenggara Jiangsu dan Zhejiang timur. 

Di antara mereka, akan ada hujan lebat di Shanghai dan timur laut Zhejiang, dan hujan lebat mungkin turun di beberapa daerah.

Baru-baru ini, Anhui, Zhejiang, Jiangsu, Shanghai dan tempat-tempat lain baru saja mengalami banjir, diikuti dilanda topan. Curah hujan yang  besar dan banjir ke daerah setempat.

(Dilaporkan oleh reporter Luo Tingting / Editor yang bertanggung jawab: Zhu Xinrui)

hui/rp

Video Rekomendasi

Share

Video Popular