Ntdtv.com- Pada pagi hari tanggal 10 Agustus 2020 lalu, Li Zhiying pendiri Hong Kong Next Media,  ditangkap oleh polisi Hong Kong di rumahnya karena dicurigai melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional versi Hong Kong. Kedua putranya dan beberapa eksekutif Next Media juga ditangkap. 

Pada hari yang sama, hampir 200 petugas polisi memblokir gedung “Apple Daily” untuk pencarian. Insiden itu mengejutkan Hong Kong dan komunitas internasional.

Di pagi hari tanggal 12 Agustus, Li Zhiying dibebaskan dengan jaminan. Setelah istirahat semalam,   Li Zhiying keluar rumah dan naik mobil khusus ke Gedung Media.

Saat Li Zhiying tiba, aparat keamanan nampak menyodorkan “payung kuning” memayungi Li Zhiying untuk menghindari hujan. Payung itu terlihat memuat slogan “Dukung Hukum Kebebasan dan Anti-hukum Jahat”.

Saat memasuki pintu gerbang, para karyawan bertepuk tangan dan bersorak serta menyambut hangat kedatangan Li Zhiying. Li Zhiying tertawa dan berkata, “Sangat senang bisa kembali.”

Li Zhiying berjalan masuk kantor di lantai dua, dan seorang karyawan memberinya bunga dan menyemangati dia.

Zhang Jianhong, kepala eksekutif Next Media, yang ditangkap bersama Li Zhiying, juga dibebaskan dengan jaminan dan kembali bekerja di gedung tersebut. Saat keduanya bertemu, mereka berpelukan dan menyemangati para karyawan.

Pada hari penangkapan Li Zhiying, saham One Media turun beberapa saat, dan kemudian rebound dengan cepat, dengan peningkatan lebih dari 300% pada satu waktu. Orang-orang Hong Kong memberikan suara dengan saham untuk mendukung Li Zhiying. 

Pada tanggal 11 Agustus 2020, harga saham terus naik hingga lebih dari 400%. Harga penutupan akhir adalah 1,1 dolar Hong Kong, meningkat 331%. Dilaporkan bahwa kekayaan pribadi Li Zhiying melonjak sebesar HK $ 1,897 miliar atau sekitar US $ 245 juta dalam waktu 40 jam setelah penangkapannya. Rakyat Hong Kong juga meluncurkan kampanye satu orang satu koran untuk mendukung “Apple Daily”. Sebanyak 550.000 eksemplar Apple Daily terjual habis dalam dua jam, pada 11 Agustus.

Li Zhiying tersentuh oleh dukungan dari rakyat Hong Kong dan “Apple Daily.” Dia bersumpah “Apple akan terus mempertahankannya!”

Di saat yang sama, Li Zhiying juga menyebarluaskan ke media lain, “Setiap kali menemui penindasan, Anda harus mempertahankannya, mendaki gunung dan terus melakukannya!”

(Laporan oleh reporter Luo Tingting / Editor yang bertanggung jawab: Wen Hui)

hui/rp

Video Rekomendasi

Share

Video Popular