Epochtimes.com- Ledakan terjadi di gudang bahan pertanian di Desa Mamiao, Kota Mamiao, Kabupaten Jinxiang, Kabupaten Jining, Provinsi Shandong, pada tanggal 15 Agustus 2020 pukul 9:50 lalu. Awan tebal muncul di tempat kejadian. Dua orang tewas dan banyak lainnya luka-luka.  

Dari video online yang beredar terlihat awan jamur putih raksasa muncul di tempat kejadian. Asap tebal mengepul, dan terdengar ledakan dari waktu ke waktu. Dampak ledakan cukup kuat. Pintu dan jendela rumah di sekitarnya pecah, kendaraan rusak, dan dinding rumah roboh.

Media Tiongkok Daratan melaporkan bahwa dua orang tewas dan banyak yang terluka di tempat kejadian, tetapi jumlah pastinya belum diketahui. Ledakan tersebut diduga disebabkan oleh kebakaran pada kabel listrik akibat penebangan pohon oleh penduduk desa.

Menurut investigasi, bahan pertanian meliputi mesin transportasi pertanian, mesin produksi dan pengolahan, pestisida, benih, pupuk kimia, dan film pertanian. 

Pada hari yang sama, kebakaran terjadi di Anhui. Lokasi kejadian terletak di Taman Logistik di persimpangan Jalan Dangtu dan Jalan Tianshui di Kota Hefei. Video yang beredar menunjukkan asap tebal mengepul di tempat kejadian. Api terbuka terus-menerus muncul, dan tidak ada korban jiwa.

Dilaporkan bahwa terdapat banyak gudang listrik di taman logistik, namun kerugian dan penyebab kebakaran tidak diketahui.

Asap hitam mengepul di taman logistik. (Tangkapan layar video)

Pada paruh pertama tahun ini, ledakan sering terjadi di berbagai tempat di Tiongkok daratan. Yang paling tragis adalah ledakan dahsyat dari kapal tanker minyak di Wenling, Provinsi Zhejiang pada 13 Juni yang menyebabkan beberapa bangunan pemukiman dan pabrik di dekatnya roboh. 

Menurut data resmi pada tanggal 14 Agustus, ada 19 orang tewas dalam kecelakaan itu dan 189 orang dirawat di enam rumah sakit setempat..

Di Twitter beredar juga komentar warganet. 

“Meledak lagi! Kali ini adalah ledakan di gudang Shandong. Itu adalah awan jamur dan kemudian ledakan. Beberapa seharusnya memiliki lebih sedikit minyak. Menurut masyarakat pinggir jalan yang tidak dapat diandalkan, ini mungkin karena upaya Tiongkok untuk pelatihan nuklir seluruh dunia atau platform nuklir teluk. Latihan militer “~ # 自 核 平 pic.twitter.com/2Sc4l2h6y8

    – The Pooh (@realEmperorPooh) 15 Agustus 2020

Editor yang bertanggung jawab: Hong Yun

hui/rp

Video Rekomendasi

Share

Video Popular